Januari 30, 2011

5 Ramuan Alami Anti Maag

Secara umum penyakit mag disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Tingginya kadar asam lambung disebabkan produksi asam yang berlebihan atau penghancuran asam yang lambat. Juga bisa dipicu oleh kelainan saraf atau infeksi bakteri.

Penyakit mag kronis bisa menyebabkan komplikasi, berupa iritasi atau luka di lambung. Gejala gangguan ini biasanya berupa tinja mengeras karena pencernaan kurang baik, nafsu makan berkurang, sering muntah, tubuh lemah, dan kadangkala terjadi diare kronis.

Mengobati mag, kata Iskandar Ali, herbalis dan akupunkturis dari Klinik Gaya Hidup Sehat, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pijat telinga dan ramuan herbal.

Daerah telinga yang dipijat, kata Iskandar, adalah wilayah titik lambung, lever, jantung, dan saraf penyeimbang. Pijat telinga dapat dilakukan dengan alat sederhana. Contohnya, pentol korek api, ujung korek kuping, atau kili-kili (bandul alat pancing).

Berikut beberapa ramuan herbal untuk mengatasi gangguan mag, yang ditawarkan Iskandar:

RAMUAN 1
Bahan: 1 genggam taoge, 1 sendok makan madu
Cara pemakaian: Taoge diblender, lalu ditambah madu. Minum ramuan ini dua kali sehari.

RAMUAN 2
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan madu
Cara pemakaian: Jeruk nipis dipotong-potong, seduh dengan air panas secukupnya, lalu tambahkan madu. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

RAMUAN 3
Bahan: Masing-masing 1/2 jari bangle, jahe, kencur, dan lempuyang
Cara pemakaian: Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Rebus semua bahan dalam lima gelas air hingga menjadi dua gelas. Ramuan diminum dua kali sehari sebelum makan, masing-masing satu gelas.

RAMUAN 4
Bahan: 1 pelepah besar lidah buaya, gula pasir secukupnya, 2 gelas air garam, 1 gelas air beras, 1 gelas air putih
Cara pemakaian: Kulit lidah buaya dikupas dan dipotong-potong bentuk dadu, lalu cuci dengan air garam. Bilas dengan air bersih dan rendam dalam air beras selama semalam.

Esok harinya, cuci lagi dengan air bersih lalu tiriskan. Setelah ditiriskan, bahan dikukus selama 10 menit, kemudian diblender. Masukkan bahan yang sudah halus ini ke dalam rebusan air gula yang sudah disiapkan. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

RAMUAN 5
Bahan: 3 lembar daun sambung nyawa kering, 30 gram daun jombang kering, 2 iris temulawak kering, 7 lembar daun sambiloto kering, 30 gram pegagan kering, 2 iris temu putih, 7 lembar daun mimba kering, 1/2 jari bangle
Cara pemakaian: Semua bahan direbus dalam lima gelas air hingga tersisa dua gelas. Ramuan diminum dua kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

@ Hendra Priantono


sumber : kompas

Januari 20, 2011

10 Makanan Paling Sehat


10 makanan super di bawah ini sudah teruji dapat melawan penyakit dan meningkatkan energi. Masukan buah-buah itu ke dalam menu harian bisa menjadi trik tercepat untuk mendapatkan tubuh sehat yang optimal.



1. Lemon Mengapa sehat? Di dalam buah ini terdapat lebih dari 100 persen vitamin C yang kita butuhkan setiap hari. Vitamin C berfungsi meningkatkan kadar kolesterol "baik" HDL dan memperkuat tulang. Plus, flavonoid yang terkandung dalam lemon bisa menekan pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai senjata antiperadangan. Tips: Tambahkan potongan lemon dalam teh hijau. Sebuah studi dari Purdue Univrsity menemukan, citrus mampu menaikkan kemampuan tubuh menyerap antioksidan dalam teh hingga 80 persen.







 

2. Brokoli Mengapa sehat? Satu tangkai brokoli ukuran sedang mengandung lebih dari 100 persen vitamin K yang dibutuhkan setiap hari, dan hampir 200 persen dosis vitamin C yang dianjurkan. Kedua nutrisi ini sangat penting dalam pembentukan tulang kita. Porsi brokoli yang sama juga mampu menjadi tameng kanker yang ampuh. Tips: Gunakan microwave untuk mempertahankan 90 persen kandungan vitamin C dalam brokoli. Teknik mengukus atau merebus hanya dapat bisa mempertahankan nutrisi sebanyak 66 persen.

3. Cokelat hitam Mengapa sehat? Mengonsumsi 7 gram cokelat hitam setiap hari bisa menurunkan tekanan darah. Bubuk kakao sangat kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan yang baik dalam menekan kolesterol "jahat" LDL dan meningkatkan kolesterol "baik" HDL.

Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang melaporkan bubuk kakao yang dijual kini memiliki flavonoid delapan kali lebih banyak dibandingkan kokoa konvensional. Tips: Cokelat hitam batangan mengandung 53,5 mg flavonoid, sedangkan cokelat susu batangan hanya memiliki flavonoid kurang dari 14 mg.

4. Kentang Mengapa sehat? Kentang merah memiliki 66 mikrogram folat pembentuk sel, yang sama jumlahnya dengan yang ditemukan dalam 30 gram bayam dan 91 gram brokoli. Dalam satu buah ubi manis mengandung vitamin A lebih banyak delapan kali lipat dari kebutuhan harian kita. Vitamin ini bermafaat melawan kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tips: Biarkan kentang dingin terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Penelitian menemukan kebiasaan ini akan membantu kita membakar lemak lebih banyak 25 persen usai makan.

5. Salmon Mengapa sehat? Sumber daya alam dari laut ini sangat kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang berkhasiat menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker. Menyantap 85 gram salmon sudah dapat memberikan 50 persen niacin yang dibutuhkan per hari. Niacin berfungsi melindungi kita dari serangan alzheimer dan pikun. Tips: Untuk hasil yang maksimal, pilih salmon liar ketimbang yang dibudidayakan.

6. Kenari Mengapa sehat? Kenari mengandung asam lemak Omega-3, penurun kolesterol, paling banyak dari kelompok kacang yang lain. Plus, Omega-3 juga didaulat sebagai peningkat mood dan pelawan kanker. Tips: Asup sedikit kacang kenari sebagai makanan penutup. Kandungan antioksidan melatonin dalam kenari akan membantu mengatur jam tidur kita.

7. Avokad Mengapa sehat? Lemak dalam avokad terbukti sehat dan dapat menurunkan koleterol hingga 22 persen. Satu buah avokad memiliki lebih dari 50 persen serat dan 40 persen folat yang kita perlukan setiap hari, yang nantinya akan menekan risiko penyakit jantung. Tips: Menambahkan avokad dalam piring salad akan meningkatkan penyerapan nutrisi kunci, seperti beta-karoten, hingga 3-5 kali dibandingkan salad tanpa avokad.

8. Bawang putih Mengapa sehat? Rempah satu ini punya kekuatan pelawan penyakit yang ampuh, bawang putih mampu menekan perkembangan bakteri, termasuk Ecoli. Kandungan allicin dalam bumbu masak ini bekerja sebagai zat antiperadangan dan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Tips: Hancurkan bawang putih segar untuk mendapatkan allicin terbaik. Jangan terlalu lama, paparan suhu panas lebih dari 10 menit akan membuat nutrisi baik dalam bawang putih menghilang.

9. Bayam Mengapa sehat? Lutein dan zeaxanthin dalam bayam merupakan dua antioksidan peningkat sistem imun ini sangat baik bagi kesehatan mata. Studi yang dilakukan di Center for Eye Research di Australia menemukan, diet kaya kedua nutrisi di atas akan menurunkan risiko katarak. Dibanding semua buah dan sayuran pelawan kanker, bayam adalah salah satu "senjata" paling efektif.

Tips: Karena tidak berasa, tambahakan bayam dalam smoothie. Cara: campurkan 30 gram bayam, 110 gram wortel parut, 1 buah pisang, 1 cangkir jus apel dan es batu dalam blender hingga tercampur rata.

10. Polong-polongan Mengapa sehat? Mengonsumsi satu porsi polong-polongan (kacang polong, lentil) empat kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hinga 22 persen. Kebiasaan yang sama juga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Tips: Semakin gelap warnanya, semakin banyak pula kandungan antioksidan dalam polong-polongan tersebut. Sebuah studi menemukan, kacang berwarna hitam mengandung antioksidan 40 kali lebih banyak dibanding kacang berwarna putih. (PreventionIndonesia/Astrid Anastasia

sumber :kompas

Januari 17, 2011

Jus Ceri Ampuh Datangkan Kantuk


Buat yang susah tidur alias Insomania berikut ada sedikit tipsnya.
Dari sekian banyak metode untuk mengatasi insomnia, mulai dari berbagai trik untuk tidur cepat hingga pengobatan secara medis, kini peneliti menemukan cara terbaru yang bisa membantu mengatasi penderitaan para pasien insomnia yaitu jus ceri.
Chandra Rugs CER-8704-79RD Ceri Area Rug, Red

Menurut penelitian terbaru, terbukti bahwa meminum jus ceri sebelum tidur mampu membantu mengurangi gejala insomnia seperti sulit tidur dan kerap terbangun di malam hari.

Adapun partisipan dalam sebuah studi yang meneliti tentang khasiat ceri ini mengakui mengalami adanya peningkatan dalam kualitas tidur mereka. Laporan ini tentunya memotivasi para ilmuwan untuk meneliti secara lebih dalam terkait dengan mekanisme efek jus ceri pada kualitas tidur. Ada dua teori mengenai hal ini, yang pertama efek itu didapat partisipan hanya melalui respons terhadap zat melatonin pada ceri. Teori yang lain, adanya kaitan erat antara inflamasi dan aturan tidur. Lebih jelasnya tingkat pembengkakan yang tinggi bisa menghambat tidur sehingga zat mana pun yang bisa mencegah pembengkakan itu bisa juga membantu tidur lebih mudah.

Baru-baru ini, peneliti dari Universitas Rochester Medical Center berkolaborasi dengan peneliti dari institusi lainnya menggelar proyek guna menganalisis zat antiinsomnia pada ceri. Hasilnya pun telah dipublikasikan pada Journal of Medicinal Food. Para peneliti menggelar studi secara acak terhadap 15 orang paruh baya yang mengalami insomnia akut. Kelompok partisipan dibagi dua dengan kelompok pertama diminta mengonsumsi jus ceri setiap sebelum tidur, sedangkan kelompok kedua diberi plasebo selama delapan minggu.

Hasilnya, terbukti jus ceri mampu mengurangi beberapa gejala insonia dengan meningkatkan kualitas tidur. Dengan kata lain, para penderita insomnia yang meminum jus ceri jarang terbangun pada malam hari, tak sesering sebelumnya. (Pri/OL-06)

sumber: www.mediaindonesia.com

Januari 14, 2011

Penyakit Yang Menyerang Anak Malam Hari


Penyakit memang sering menghampiri pada waktu yang tidak tepat. Pada anak-anak, tengah malam merupakan waktu yang paling rentan untuk kambuhnya penyakit. Padahal, biasanya semua orang baru saja tertidur dan sering tidak bisa berpikir jernih. Alhasil, orangtua kerap dilanda kepanikan saat mendapati buah hatinya mendadak sakit.

Berikut adalah penyakit yang sering menyerang anak di malam hari, pencetus, dan cara menanganinya. Namun, untuk anak berusia di bawah empat bulan, segera hubungi dokter jika Anda mendapati kondisi yang mengarah darurat, seperti demam tinggi atau sesak napas.

  • Asma dan alergi

Bila si kecil menderita asma atau alergi tertentu, mungkin Anda cukup sering terbangun di malam hari karena penyakitnya kambuh. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini sering muncul di malam hari.

"Pada malam hari, kadar kortisol dalam tubuh menurun, padahal hormon ini punya efek perlindungan terhadap asma," kata Dr Santiago Martinez, ahli alergi anak dari Florida State University Medical School.

Penyebab lain adalah naiknya histamin, yang memicu serangan asma. Faktor lain adalah beberapa alergen, seperti tungau debu atau bulu binatang yang berada di kamar anak, meningkat ketika anak sedang tertidur.

Yang harus dilakukan jika serangan asma terjadi pada malam hari, segera berikan antihistamin. Bila serangan ini sering terjadi, Anda bisa meminta suntikan imunoterapi kepada dokter untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

  • Demam

Temperatur tubuh secara alami akan meningkat menjelang malam. Itu sebabnya, demam yang dialami anak di siang hari akan terus meningkat saat ia tertidur.

Yang harus dilakukan jika suhu tubuhnya sudah mencapai 38 derajat celsius, Anda bisa memberikan obat penurun panas (parasetamol). Periksa suhu tubuhnya setiap empat jam. Parasetamol bisa diberikan setiap empat jam sekali jika suhu tubuhnya tidak turun juga. Untuk anak berusia kurang dari tiga bulan, segera hubungi dokter jika demamnya tidak segera turun.

Selain obat, pastikan anak tidak kekurangan cairan. Berikan ASI jika ia masih menyusu atau air putih untuk anak yang lebih besar sebelum anak tidur kembali.

  • Batuk

Batuk yang diikuti dengan sesak napas biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang bersembunyi di saluran napas atas dan menyerang ketika anak sedang flu dan menyebabkan peradangan. Gejala batuk ini sering bertambah parah di malam hari karena perubahan aliran darah di saluran napas ketika anak berbaring.

Obat golongan ibuprofen biasanya efektif untuk mengurangi bengkak di saluran napas yang menyebabkan napas pendek-pendek. Selain itu, pastikan anak tidak kedinginan, beri selimut atau jaket. "Bawalah anak ke udara terbuka beberapa menit agar saluran napasnya menjadi rileks," kata Dr Andrea Leeds, dokter anak.


  • Sakit telinga

Infeksi telinga, baik pada telinga tengah maupun kanal telinga, bisa menimbulkan nyeri dan demam. Lebih dari 90 persen anak sedikitnya pernah mengalami infeksi telinga pada usia sebelum tujuh tahun.

Penyakit ini bertambah parah di malam hari karena dalam posisi berbaring terjadi pengumpulan cairan sehingga terjadi tekanan pada telinga.

Untuk mengobati infeksi telinga tengah atau mengurangi sumbatan pada hidung dan sinus, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan. Karena itu, jika anak Anda sering menderita infeksi telinga sampai lebih dari tiga kali dalam enam bulan, sebaiknya Anda memiliki cadangan obat infeksi telinga. 


sumber: kompas.com

Januari 12, 2011

Mentega, Margarin, Butter, Serupa tapi tak Sama


BANYAK yang sulit membedakan antara mentega, margarin, dan butter dan terkadang mengira ketiganya adalah jenis makanan yang sama. Padahal, bila didalami, meski secara fisik terlihat serupa, ternyata mereka memiliki perbedaan yang cukup mencolok.
President Imported SALTED Butter, 7oz (199g)

a. Mentega
Mentega merupakan salah satu produk susu karena terbuat dari lemak hewan. Selain susu, mentega juga terdiri dari air dan garam. Karena itu, mentega mengandung lebih banyak lemak jenuh atau saturated fats yakni 66 persen jika dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya yakni 34 persen. Lemak jenuh ini biasanya terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Mentega biasanya diperkaya dengan vitamin A, D, E, dan K yang tidak larut dalam air.

Mentega juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan terasa lebih gurih. Aromanya pun lebih tajam saat dimasak. Maka itu, tak mengherankan apabila harga mentega jauh lebih mahal daripada margarin.

b. Margarin
Adapun margarin terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan yang di-hydrogenasi. Dalam prosesnya, akan terjadi perubahan struktur beberapa polyunsaturated fatty acids (asam lemak tak jenuh) menjadi trans-fatty acids. Lemak jenis trans fetty acids memiliki karakter serupa dengan lemak jenuh atau saturated fats.

Asam lemak trans ini kerap dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi. Margarin biasanya juga diperkaya dengan vitamin A dan minyak sayur yang mengandung vitamin E. Beberapa merek margarin yang bisa ditemui di pasaran yakni denganb merek Blue Band, PalmBoom, dan Meadow Lea. Karena mengandung lebih sedikit lemak, margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega.

c. Butter
Lain lagi dengan butter, meski juga terbuat dari susu, jenis yang satu ini lebih bersifat lebih lunak. Hal itu karena butter terbuat dari krim susu yang hanya ditambahkan garam sehingga akan mudah lumer bila dibiarkan terlalu lama. Salah satu merek butter yakni Anchor atau Orchid. Di supermarket, butter biasanya diletakkan di lemari pendingin berdampingan dengan produk susu lain seperti yoghurt dan keju.

Oleh ahli gizi, ketiga jenis di atas digolongkan sebagai produk dengan kadar kalori yang tinggi. Maka itu, disarankan agar konsumsinya tidak terlalu berlebihan. Untuk mengakomodasi permintaan itu, kini juga hadir beberapa produk mentega,margarin, dan butter yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar kadar kalorinya tak terlalu tinggi alias rendah kalori. (Pri/OL-06)

sumber : www.mediaindonesia.com

Januari 10, 2011

Cara Mengajari Anak Minum Obat Kapsul



Saat masih kanak-kanak obat yang diberikan umumnya berbentuk cair atau sirup. Tapi pada usia tertentu anak harus bisa minum obat berbentuk kapsul atau tablet. Bagaimana cara mengajarkan anak minum obat?


Jika anak masih berusia di bawah 10 tahun, umumnya belum memiliki kesiapan untuk belajar menelan kapsul atau tablet. Karenanya orangtua harus melihat terlebih dahulu apakah anak sudah siap atau belum.

Obat berbentuk cair atau sirup biasanya hanya sebatas obat untuk pilek, batuk atau penurun panas. Tapi jika sakitnya cukup serius, sebagian besar obat akan berbentuk kapsul atau tablet. Jika anak belum bisa mengonsumsinya, maka obat ini akan digerus hingga berbentuk puyer tapi akan menimbulkan rasa pahit sehingga sulit meminta anak untuk meminumnya.

Seperti dikutip dari Babycenter dan eHow, Selasa (28/12/2010) ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan orangtua dalam mengajarkan anak minum kapsul atau tablet, yaitu:

1. Berlatih dengan menggunakan permen kecil
Untuk awalnya, gunakanlah bantuan permen bulat kecil yang diperumpamakan sebagai obat. Mintalah si kecil meletakkan permen tersebut di ujung tenggorokan lalu menelannya dengan bantuan air. Jika anak berhasil melakukannnya minimal dua kali, maka ia bisa mengonsumsi obat kapsul atau tablet.

2. Berikanlah contoh cara minum obat di depan anak
Jika anak belum paham berikanlah contoh cara minum obat yaitu dengan meletakkan obat di ujung, mengambil seteguk air, lalu memiringkan atau mendongakkan kepala dengan sedikit hentakan kecil kemudian menelan.

3. Memberikan air terlebih dahulu
Teknik ini dengan cara meminta anak mengambil seteguk air dan menahannya di dalam mulut, kemudian mintalah ia menatap ke atas lalu ibu memasukkan obat ke sudut mulutnya. Setelah itu mintalah anak menelannya dengan posisi masih menatap ke atas atau langit-langit.

4. Mengulanginya hingga 3 kali
Jika saat pertama anak gagal menelan pil tersbeut, cobalah untuk mengulanginya hingga dua kali. Jika masih gagal juga beri istirahat sejenak sekitar 3-5 menit dan bisa juga sambil mengunyah sesuatu, lalu mintalah anak untuk mengulanginya lagi.

5. Gunakan ukuran permen yang lebih besar
Jika anak sudah berhasil menelan permen dengan menggunakan bantuan air saja, maka tingkatkan ukuran permen menjadi sedikit lebih besar. Orangtua sebaiknya tidak menggunakan obat langsung, tapi gunakanlah permen dalam setiap percobaan hingga anak benar-benar berhasil.

6. Gunakan bantuan kue, jeli atau pisang
Jika anak tidak juga bisa menelan permen atau obat tersebut dengan bantuan air saja, maka cobalah membungkus obat dengan kue, makanan jelly atau pisang lalu meletakkannya di mulut dan menelannya dengan bantuan air.

sumber : www.detikhealth.com

Januari 05, 2011

Kopi dan Teh yang Lama Diseduh Mengandung Kafein Lebih Tinggi


Kopi dan teh adalah minuman favorit banyak orang yang sama-sama mengandung kafein.

Banyaknya kandungan kafein dalam kopi dan teh sangat bergantung dari proses pengolahan dan cara menyeduhnya. Semakin lama diseduh akan membuat kadar kafeinnya makin tinggi.
Hawaii Roasters 100% Kona Coffee, Medium Roast, Whole Bean, 16-Ounce Bag

Seperti dikutip dari BBCHealth, Selasa (28/12/2010) kopi dan teh yang waktu penyeduhannya lebih lama akan membuat kandungan kafein dalam minuman tersebut semakin tinggi.

Kenapa kopi dan teh yang kelamaan diseduh kafeinnya tinggi?

Hal ini karena kopi atau teh yang lebih lama diseduh akan menyebabkan semakin banyaknya kafein yang keluar dari serbuk kopi atau teh yang lalu berpindah ke dalam cangkir.

Proses pengeluaran kafein itu akan semakian banyak dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh. Gambarannya kopi atau teh yang diseduh 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding kopi atau teh yang diseduh 3 menit.

Kafein merupakan salah satu jenis senyawa alkaloid yang secara alamiah sudha terdapat di dalam biji kopi, daun mete, daun teh, biji kola, biji cokelat dna juga beberapa minuman penyegar atau soda.

Pada kopi, proses pemanggangan biji kopi turut mempengaruhi kadar kafein yang tersisa. Karena memanggang biji kopi akan menghancurkan beberapa kafein sehingga kadarnya lebih rendah dibandingkan dengan biji kopi yang tidak dipanggang atau waktunya sebentar saja.

Sedangkan kandungan kafein dari teh dipengaruhi oleh banyak faktor, karenanya tidak selalu teh hitam mengandung kafein lebih tinggi dibanding teh hijau, atau teh putih memiliki kadar kafein paling kecil.

Faktor terbesar yang mempengaruhi kadar kafein dalam teh adalah bagian dari tanaman teh yang digunakan. Pada tanaman teh, kandungan kafein paling banyak terdapat di tunas daunnya, sedangkan daun yang tua dan batangnya memiliki kadar kafein yang lebih rendah.

Namun teh umumnya mengandung zat antioksidan yang disebut dengan flavonoid, zat ini telah terbukti bisa membantu memperlambat atau menghambat reaksi kimia yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu pendek dan belum ada bukti untuk jangka waktu panjang.

Efek kafein terhadap tekanan darah paling mungkin terjadi jika seseorang mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, atau orang tersebut sangat sensitif. Karenanya orang yang memiliki riwayat hipertensi dan juga ibu hamil harus membatasi asupan kafeinnya yaitu kurang dari 300 mg per hari.


sumber : www.detikhealth.com

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post