Juli 18, 2010

Hati-Hati Konsumsi Vitamin E Dosis Tinggi

Hati-hatilah menggunakan vitamin E dosis tinggi! Alih-alih mendatangkan manfaat, konsumsi vitamin E mungkin saja dapat merusak tubuh Anda.

Ya. Penggunaan vitamin E dosis tinggi secara sembarangan mungkin harus dihindari karena berdasarkan hasil riset baru, kebiasaan menenggak vitamin E dosis tinggi bukannya mendatangkan manfaat, tetapi bisa menurunkan kualitas hidup Anda.

Para peneliti di Tel Aviv University (TAV) menyimpulkan hal itu setelah mengkaji data dari lebih 300.000 orang di Amerik Serikat, Eropa dan Israel. Temuan mereka dipublikasikan dalam edisi terbaru jurnal kardiologi terkemuka, Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology.

Dengan memakai pendekatan yang berbeda dengan studi sebelumnya, tim peneliti menyatukan pendapat mereka guna membuat kesimpulan mengenai penggunaan vitamin E.

Kajian mengenai hasil penelitian masa lalu itu mengungkapkan, partisipan yang tidak mengkonsumsi asupan Vitamin E justru menikmati kualitas hidup (quality-adjusted life years/QALY) yang lebih baik. Parameter QALY adalah pengukuran standar yang digunakan pada obat-obatan guna menilai dampak campur-tangan medis.

"Studi baru kami memperlihatkan, sebagian orang mungkin dirugikan oleh obat-obatan tersebut, sementara yang lain mungkin memperoleh manfaat. Kami berusaha mengidentifikasi kelompok mana yang paling mungkin memperoleh manfaat dari Vitamin E," ungkap salah satu peneliti, Dr. Ily Pinchuk.

"Temuan penting kami adalah rata-rata QALY orang yang memeroleh asupan Vitamin E 0,30 lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tak menggunakannya. Ini, tentu saja, tak berarti setiap orang yang mengkonsumsi Vitamin E memperpendek masa hidup mereka hampir 4 bulan. Tetapi rata-rata kualitas harapan hidup orang yang mengkonsumsi vitamin lebih rendah. Ini adalah sesuatu yang signifikan," ujarnya.

sumber :www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post