Juli 12, 2010

Apa Itu Kolagen ..???

Kolagen memainkan peranan vital dalam pembentukan struktural untuk sel, jaringan, dan organ. Jika bukan karena kolagen, tubuh akan secara harfiah berantakan. Kolagen juga memberikan kekuatan kulit, daya tahan, kehalusan, penampilan awet muda, serta kulit yang sehat. Memahami struktur dan fungsi kolagen akan membantu Anda lebih tahu cara memelihara kulit yang sehat, dan berpenampilan muda. Kolagen adalah protein terstruktur tubuh, struktur kolagen yang unik ini memberikan kekuatan daya tarik yang lebih besar dari baja. Sekitar 33 persen dari protein dalam tubuh adalah kolagen. Protein ini mendukung jaringan, organ, bahkan, tulang juga terdiri dari kolagen yang dikombinasikan dari mineral tertentu seperti kalsium dan fosfor.

Kolagen dan Kecantikan

Kolagen membentuk 75 persen dari kulit kita, kulit mulus, penampilan muda, kulit sehat, sebagian besar disebabkan karena memiliki kolagen pada tingkat sehat. Oleh karenanya seluruh dunia mencari cara baru untuk meningkatkan tingkat kolagen dan memperbaiki kerusakan kolagen. Penurunan produksi kolagen tubuh akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diingingkan seperti keriput dan penuaan dini.Beberapa cara singkat digunakan dengan menyuntikkan protein ini kedalam kulit, untuk menekan keriput serta menambah volume bibir.

Sintesis kolagen

Kolagen diciptakan oleh fibroblas, sel-sel kulit khusus yang terletak di dalam dermis. Fibroblas juga memproduksi protein struktural kulit lainnya seperti elastin(protein yang memberi kulit kemampuan untuk menjadi sehat kembali) dan glucosaminoglycans (GAGs). GAGs membentuk zat yang menjaga dari dermis dehidrasi(kekurangan air). Fibroblasts awalnya memproduksi kolagen pendek disebut subunit procollagen. Diangkut keluar dari sel-sel fibroblast dan kemudian bergabung bersama untuk membentuk molekul kolagen lengkap. Vitamin C bertindak sebagai kofaktor penting selama proses ini. Tanpa kadar vitamin C yg cukup, pembentukan kolagen akan terganggu. Gangguan ini menyebabkan berbagai gangguan seperti penyakit kulit, di mana tubuh tidak dapat memproduksi kolagen dengan baik. Sintesis kolagen terjadi terus-menerus sepanjang hidup kita untuk memperbaiki dan mengganti jaringan kolagen yang rusak atau membangun struktur selular baru. Daur ulang sel yang sudah tua atau rusak adalah suatu proses alami yg sehat, seperti layaknya kita jika sedang dalam tahap penyembuhan dari sakit. Seiring dengan pertambahan usia, kadar produksi kolagen semakin menurun(degadrasi)

Melindungi fungsi kolagen

Cara terbaik untuk mempertahankan kesehatan, penampilan awet muda adalah dengan melindungi kolagen Anda yang sehat saat ini, dengan: 1. Menghindari radiasi UVA dan UVB (sinar matahari) 2. Mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Paparan ultraviolet (UVA dan UVB) radiasi yang berasal dari matahari adalah penyumbang paling produktif terhadap penuaan kulit dini, terhitung sekitar 90% terkait dengan tanda-tanda penuaan kulit. Papaparan UV harus dibatasi dan individu harus mengenakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kolagen agar tetap sehat. Banyak perusahaan perawatan kulit memahami kebutuhan akan hal ini dan memasukkankannya ke dalam produk tabir surya pelembab siang hari. Langkah preventif dalam melindungi kolagen adalah dengan suplemen antioksidan. Antioksidan ini akan melawan radikal bebas dari sinar UV, ozon, polusi, asap rokok, dan proses metabolisme internal, mereka mencegah degradasi serat kolagen yang ada dan melindungi fungsi sehat sel-sel fibroblast.

Membangun Sintesis Kolagen Baru Yang sehat:

Pertama, Anda dapat menyediakan kulit dengan cadangan vitamin C. Sebagai kofaktor yang diperlukan dalam sintesis kolagen, vitamin C terbukti untuk meningkatkan produksi kolagen. Cara lain untuk membangun/merangsang pembentukan sintesi kolagen adalah dengan menggunakan exfoliants(proses memisahkan dengan kulit mati), seperti alphahydroxy dan asam polyhydroxy. Cara ketiga adalah dengan peptida yang akan merangsang atau meningkatkan produksi kolagen. Dari hasil riset ditemukan bahwa peptida ini mampu berfungsi sebagai pendorong atau perangsang Fibroblas secara alami melakukan sinstesis kolagen, sehingga produksi kolagen meninggkat. Beberapa perusahaan perawatan kulit telah memasukkan fragmen peptida ke dalam produk-produk pengobatan mereka. Jadi jika anda ingin terlihat awet muda, Anda harus merawat kolagen Anda. Diana Zoe Draelos
M.D., F.A.A.D.
Dr Draelos bekerja secara menyeluruh dengan Nu Skin untuk membuat Nu Skin Profiler dan melakukan penelitian klinis terhadap seri TruFace.

sumber :www.kulitkucantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post