Maret 26, 2010

Awas Bakteri Mulut Pada Ibu Dapat Membunuh Cabang Bayi...




Ahli mikrobiologi memperingatkan agar setiap perempuan yang tengah mengandung sang buah hati, lebih memperhatikan kesehatan mulutnya. Peringatan ini dilontarkan setelah ditemukan kasus di Ohio, dimana bayi yang belum lahir meninggal karena kesehatan gigi sang ibu yang kurang terawat. Bakteri mulut pada ibu ditemukan dalam tubuh bayi dan menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan. Ini adalah pertama kalinya ditemukan bahwa bakteri mulut bertanggung jawab atas kematian bayi yang sudah hampir memasuki usia kelahiran penuh.



Kasus yang dialami oleh seorang perempuan berusia 35-tahun ini diungkapkan dalam jurnal Obstetrics And Gynaecology. Saat hamil, perempuan yang tidak disebutkan identitasnya ini memiliki penyakit radang gusi. Ia kemudian melahirkan bayi yang sudah tidak bernyawa saat usia kandungannya mencapai 39 minggu.

Dari hasil penelitian dan pemeriksaan, seorang ahli mikrobiologi menyimpulkan bahwa bakteri mulut pada perempuan tersebut adalah penyebab kematian dari sang bayi. Bakteri mulut ditemukan dalam aliran darah, paru-paru dan perut bayi.

Para ilmuwan menyakini gangguan apapun yang terjadi pada cairan ketuban - yaitu cairan yang mengelilingi cabang bayi, dapat menimbulkan risiko baik pada ibu maupun bayi. Infeksi akibat radang gusi adalah risiko yang nyata.

Chief Executive dari British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter, mengatakan kasus yang dialami perempuan ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama bagi perempuan hamil. Meningkatkan kesehatan mulut pada perempuan hamil akan memberikan dampak yang signifikan pada bayi yang belum lahir. Buktinya, setelah menjalani perawatan kesehatan mulut, ibu dari bayi yang meninggal itu kemudian melahirkan bayi laki-laki yang sehat pada kehamilan keduanya.

"Jika Anda hamil, sangat penting untuk lebih berhati-hati dengan kesehatan mulut Anda, " tandas Dr Nigel.


sumber :conectique

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post