Januari 12, 2010

Manfaatkan Tangan Untuk Tingkatkan Kesehatan




TANGAN merupakan organ tubuh yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan, mulai dari mencegah flu, memberikan informasi kesehatan tubuh secara umum hingga menjaga kerampingan ukuran lingkar pinggang. Akan tetapi, manfaat tangan seringkali diabaikan dalam hal-hal kunci tersebut. Berikut beberapa trik sehat dalam genggaman tangan Anda yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kesehatan Anda.



1. Cegah makan berlebih di restoran

Perubahan porsi merupakan alasan utama kelebihan makan saat Anda makan di luar rumah. Anda bisa menakar kalori dengan menggunakan telapak tangan. Tiga ounces daging atau ikan seukuran dengan telapak tangan Anda (dan banyak restoran menyajikan 2 kali lipat lebih banyak). Satu takar makanan penutup ideal (brownies, sebagai contoh) setara dengan ukuran ibu jari rata-rata perempuan.

2. Menjaga kesehatan metabolisme

Jika kuku jari tangan Anda patah lebih sering dari biasanya, ini bisa menjadi pertanda hipo atau hipertiroid, kondisi di mana tubuh memproduksi terlalu sedikit (hipo) atau terlalu banyak (hiper) hormon yang mengatur metabolisme Anda. Gejala lain hipertiroid termasuk kesulitan konsentrasi, penurunan berat badan tanpa alasan, dan merasa hangat serta lapar sepanjang waktu. Sedang gejala lain hipotiroid termasuk kelelahan, rasa sakit di otot dan persendian, penambahan berat badan, dan merasa dingin sepanjang waktu.

Jika merasa mengalami gejala-gejala tersebut, cobalah berkonsutasi dengan dokter mengenai kemungkinan melakukan tes darah dan pemeriksaan fisik.

3. Menyuburkan rambut

Cara mudah menebalkan rambut adalah melatih tangan Anda memijat kulit kepala selain hanya menggosok, mem-blow atau meluruskan rambut. Memijat kulit kepala, menurut praktisi kesehatan, bisa menstimulasi pertumbuhan folikel rambut dan menyuburkan rambut. Letakkan ujung jari-jari Anda di kening tepat pada garis rambut dan buang nafas saat Anda memijat kepala ke arah belakang. Ulangi 10 kali sehari.

4. Cegah flu dan demam

Tangan merupakan pintu masuk utama kuman-kuman yang bisa membuat Anda sakit. Tangan Anda ditempati oleh banyak kuman-kuman saat Anda mendorong tombol lift, menggenggam pegangan treadmill atau membuka pegangan pintu. Karena itu, para pakar menganjurkan Anda untuk mencuci tangan. Bersihkan dengan sabun dan air hangat selama 20 detik, dan jangan lupa ruang di antara jari dan kuku.

5. Agar terlihat lebih muda

Tangan merupakan gambaran dari usia Anda. Bahkan saat Anda masih berusia 30-an atau 40-an, tangan bisa menunjukkan efek kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan alami, seperti kulit kering, bintik-bintik kecokelatan, dan penipisan kulit.

Untuk menjaga agar tangan terlihat tetap muda, pastikan memberikan perawatan yang setara dengan muka Anda. Artinya, pakailah pelembab secara teratur, gunakan sunscreen sebelum ke luar ruangan dan gunakan retinoid atau antioksidan untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

6. Cegah mual

Anda mudah mual saat berkendara? Cobalah menerapkan teknik akupresur sebelum memulai perjalanan. Hasil review dari 40 studi, seperti dikutip situs prevention menemukan, menstimulai titik di bagian dalam pergelangan efektif mengurangi mual akibat mabuk berkendara. Untuk mencobanya, tekan di antara dua tendon di bagian dalam pergelangan, jarak sekitar 3 jari di bawah pangkal telapak tangan.

7. Periksa kesehatan sirkulasi

Tangan Anda dingin sepanjang waktu? Pada umumnya, menurut pakar kesehatan, hal ini tidak perlu dicemaskan. Pada faktanya, kondisi ini merupakan pertanda kesehatan yang baik. Orang-orang dengan tekanan darah rendah tapi sehat seringkali mempunyai darah yang terkonsentrasi di tubuh, sehingga membuat anggota tubuh terasa dingin.

Akan tetapi, terang Steve Rosenbaum, MD, dari Baylor College of Medicine Clinic, jika tangan atau kaki es Anda didikuti dengan rambut rontok atau penurunan daya ingat, kemungkinan Anda mengalami hipotiroid; kesemutan atau rasa sakit bisa mengindikasikan kekurangan vitamin B12. Tes darah sederhana bisa membantu Anda mendeteksi kedua gangguan yang bisa ditangani ini. (OL-08)

sumber :media indonesia

1 komentar:

  1. saya kurang mengerti yg mencegah rasa mual,, mksdnya gmn yah? makasi,,

    BalasHapus

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post