Januari 31, 2010

Bersepeda Aman Di Tengah Keramaian




MAAF, artikel ini hanya untuk para penggemar otomotif yang hobi bersepeda. Pasalnya sepeda kini bukan lagi sekadar kendaraan bagi kalangan bawah. Kalangan berduit pun banyak yang melirik sepeda dengan berbagai alasan. Mulai dari alasan ingin hidup lebih sehat, peduli lingkungan, gaya hidup hingga hanya terpengaruh teman alias ikut-ikutan.



Dengan adanya artikel ini, kami, tim otomotif Media Indonesia menghimbau pada pengguna kendaraan kayuh ini tetap memperhatikan faktor keselamatan berkendara. Dan sekali lagi kami menegaskan bahwa prinsip berkendara itu adalah 'mudah melihat dan mudah terlihat'.

Bersepeda di tengah perkotaan adalah aktivitas beresiko tinggi, terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Meski demikian, itu bukanlah alasan bijaksana untuk menghentikan kegiatan yang sangat mendukung berkurangnya polusi, penghematan bbm dan meningkatkan kesehatan tersebut.

Pasalnya kita bisa meningkatkan faktor keselamatan dengan menambahkan lampu peringatan yang membuat keberadaan pehobi sepeda di jalan raya menjadi mudah terdeteksi oleh pengendara kendaraan bermotor. Lampu semacam ini banyak dijual di toko maupun bengkel sepeda dengan beragam model dan harga.

Salah satu produk canggih terbaru hadir dengan label Spooklight. Berupa kombinasi lampu rem dan lampu sein yang dioperasikan tanpa secara nirkabel alias wireless sehingga sangat praktis penggunaannya.

Perangkat yang sangat mudah disematkan pada batang jok sepeda Anda ini dilengkapi dengan sensor akselerasi tiga sumbu yang mampu mendeteksi akselerasi dan deselerasi alias penambahan dan pengurangan kecepatan yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu rem berteknologi LED merah yang akan memperingatkan pengendara dibelakang bahwa Anda tengah mengurangi kecepatan.

Selain itu Spooklight juga dilengkapi dengan switch wireless yang sangat sensitif sehingga dengan mudah dan aman Anda dapat menyalakan sinyal atau lampu sein saat Anda hendak berbelok ke kiri maupun ke kanan.

Sumber dayanya berasal dari baterai lithium-polymer yang dapat diisi kembali dengan cara
menyambungkannya dengan port USB komputer. Perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai power-bank karena memiliki kabel output power yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya bagi ponsel maupun perangkat MP3 player selama perjalanan.

Dengan kondisi baterai terisi penuh, perangkat ini mampu menyuplai daya pada panel kontrol selama 10 jam dan sekitar 60 jam pada LED light unit-nya. Alat ini dapat diatur dalam mode menyala konstan maupun berkedip. Dikemas dalam casing antiair dan fitur bracket mudah dilepas-pasang dengan total bobot mencapai 90 gram. Spooklight dilego dengan harga 54,95 Poundsterling atau sekitar US$91.

Jika perangkat canggih penambah keselamatan bersepeda ini belum bisa didapat, Anda bisa mengganti perangkat wajib ini dengan model lain yang tidak secanggih Spooklight dan tentunya akan lebih murah. Yang penting Anda bisa tetap bersepeda dengan aman, asalkan Anda tetap memegang prinsip dasar berkendara...'mudah melihat dan mudah terlihat'. (Cdx)

sumber :mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post