5 Kebiasaan Burk Yang Harus Dihentikan




Tubuh Anda rentan terserang penyakit? Ada beberapa faktor penyebab, tubuh mudah dihinggapi berbagai kuman penyakit, diantaranya adalah kebiasaan buruk yang Anda jalani. Meskipun kebiasaan tersebut terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Sudah saatnya Anda menghentikannya, seperi 5 kebiasaan buruk di bawah ini :




1. Tidak mencuci tangan setelah ke toilet. Mungkin Anda pernah mendengar jika "air seni steril" karena itu Anda menganggap tidak perlu untuk mencuci tangan setiap kali buang air kecil. Meskipun itu memang benar, namun tetap saja Anda harus mencuci kedua tangan hingga bersih. Ada aktivitas lain seperti menyeka, membilas, dan menyentuh gagang pintu—dimana semua itu dapat menyebabkan kontaminasi silang kuman penyakit yang membuat tubuh rentan sakit.

2. Mencoba makanan sample yang ada di toko grosir. Untuk alasan yang sama, Anda tentu tidak ingin bersentuhan dan bahkan memakan makanan yang mungkin sudah terpegang oleh tangan-tangan asing yang belum tentu bersih bukan?. Karena itu sebaiknya tidak memasukan tangan Anda ke dalam mangkuk atau toples makanan sample yang ditawarkan di toko-toko atau supermarket.

3. Menutupi batuk dengan tangan. Kebanyakan orang menutupi batuk dengan kedua tangannya. Jika Anda cenderung melakukan ini, cobalah melakukannya dengan cara lain. Ketika Anda batuk tutupi dengan lengan atau sudut siku dan bukan tangan Anda. Cara ini selain lebih sopan, juga membantu melindungi orang lain yang memiliki sistem imun lemah dari kuman-kuman penyakit yang Anda sebarkan saat batuk.

4. Sering menggosok-gosokan mata. Cobalah menganggap bahwa kedua mata Anda sebagai sesuatu yang suci dan tidak boleh disentuh. Latihlah diri Anda sendiri untuk tidak menyentuhnya dengan jari-jari dan tidak menggosokan atau mengotorinya dengan make up mata setidaknya sampai Anda mencuci kedua tangan terlebih dahulu. Sekali saja Anda menyentuh kedua mata dengan tangan-tangan kotor maka Anda langsung menyebarkan semua jenis bakteri berbahaya dan bermacam-macam virus, yang dapat menyebabkan infeksi serius dan mengganggu.

5. Membiarkan hewan peliharaan menyentuh dan menjilat tangan Anda. Pastikan Anda selalu mencuci kedua tangan setiap kali Anda bersentuhan dan berdekatan dengan hewan kesayangan Anda tersebut. Karena air liur atau kotoran yang dikeluarkan binatang-binatang tersebut tidak hanya menjijikan tapi juga membawa bakteri staph berbahaya seperti MRSA yang bisa menular kepada Anda.

sumber :coneqtique

Komentar

  1. hmmhh,, pasti sulit bgt buat ngrubah kebiasaan2 d atas,, tp buat yg ngucek2 mata saya tau solusinya,, pakai softlens aj,, psti tgn jd agk ketahan bwt megang mata,, hee

    BalasHapus

Posting Komentar