Desember 05, 2009

Latihan Fisik Saat Duduk, Enyahkan Ketegangan Tubuh




JANGAN biarkan tubuh terlalu lama diam, karena tubuh manusia didisain untuk bergerak. Semakin lama Anda biarkan tubuh diam tanpa gerak, semakin banyak ketegangan yang terakumulasi dalam tubuh.

Meskipun pekerjaan Anda menuntut Anda harus tetap berdiam di belakang meja untuk jangka waktu yang lama, Anda tetap bisa melakukan latihan fisik sederhana sembari duduk atau berdiri. Anda tidak memerlukan keahlian atau perlengkapan khusus, cukup meluangkan waktu setiap 2 jam untuk melakukan gerakan sederhana. Gerakan ini tentunya tidak akan membuat bentuk tubuh Anda bertambah indah tapi bisa mengurangi ketegangan otot dan stres.





Jalan selama 10 menit, menurut para pakar, merupakan latihan terbaik bagi Anda yang terikat aktivitas di kantor.

Kerutkan wajah. Pilihan sederhana ini bisa merelakskan otot-otot wajah, khususnya di area mata dan kening. Lakukanlah sesering yang Anda bisa. Sambil duduk, tutup mata Anda rapat-rapat dan tutuplah mulut Anda sekencang mungkin. Tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi beberapa kali.

Regangkan otot-otot pergelangan. Secara perlahan, gunakan tekanan dari tangan kiri untuk meregangkan pergelangan tangan kanan dengan lengan menghadap ke bawah. Tahan selama 3-5 detik, relakskan dan ulangi lagi di tangan kiri. Ulangi 5 kali di masing-masing pergelangan.

Lemaskan otot-otot leher. Secara perlahan bengkokkan kepala ke kanan sejauh mungkin, selanjutnya ke kiri, ke depan (biarkan dagu menyentuh tenggorokan) dan ke belakang. Ulangi 2 kali ke setiap arah.

Regangkan bahu dan dada. Tempatkan ujung-ujung jari Anda di bahu, dengan kedua siku mengarah keluar ke kedua sisi. Selanjutnya, tariklah siku ke belakang sejauh yang Anda bisa. Kemudian dorong siku ke depan dan cobalah menyentuhkan kedua siku. Ulangi sebanyak 10 kali. Kemudian, biarkan ujung jari tetap di bahu, angkatlah siku ke atas kemudian dorong ke bawah ke arah sisi samping Anda, seolah-olah Anda sedang berusaha terbang. Ulangi 10 kali.

Regangkan bagian tubuh belakang/atas. Berdirilah dengan membuka kaki selebar bahu. Tahanlah siku Anda yang dibengkokkan di samping badan dengan tinju menghadap ke atas. Miringkan badan sedikit ke depan dan putarlah badan dari satu sisi ke sisi yang lain secara bergantian dengan siku menuntun gerakan. Ulangi selama 30-45 detik.

Selamat mencoba, jika dilakukan beberapa kali sehari, Anda bisa terbebas dari tubuh kaku dan tidak nyaman akibat duduk sepanjang hari.

sumber : mediaindonesia.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post