Desember 27, 2009

Flat Shoes Bisa Berbahaya Bagi Kaki!




Kita pernah mendengar bahwa stilletto dan high heels sangat berbahaya bagi kaki. Tapi ternyata sekarang ada penemuan yang mengungkap bahwa mengenakan flat shoes sama berbahayanya. Dokter spesialis kaki bahkan menyemangati para wanita untuk mengenakan high heels seksi mereka untuk membuat kaki jadi sehat.

Podiatris (ahli spesialis kaki) mulai banyak menangani kasus kaki wanita yang terluka karena keseringan menggunakan flat shoes. Flat shoes di sini mencakup semua alas kaki yang tidak memiliki hak, seperti ballet pumps, sandal jepit, sepatu sandal teplek, dan lain-lain. Meskipun nyaman, flat shoes dapat mengakibatkan berbagai cedera pada kaki, rasa sakit pada tulang betis, sakit punggung, bahkan arthritis




Menurut Foxnews.com, Mike O'Neill, dokter spesialis bedah kaki dan juru bicara untuk Society of Chiropodists and Podiatrists dari Amerika Serikat, memberitahukan bahwa selama tiga-empat tahun terakhir ini keluhan yang datang dari mereka yang mengenakan flat shoes—seperti ballet pumps atau sandal jepit—meningkat tajam. Flat shoes yang benar-benar datar yang dipakai pada periode yang lama dapat menyebabkan masalah, sama seperti high heels yang terlalu tinggi. Kaki wanita tidak didesain untuk bertahan pada sepatu-sepatu semacam itu. Ukuran hak sepatu yang ideal adalah sekitar dua-tiga sentimeter.

Flat shoes merusak tubuh kita dalam beberapa cara. Pertama, mereka dapat menyebabkan orang-orang menyeret kaki, bukannya berjalan, yang akibatnya dapat merusak postur tubuh. Jika Anda mengenakan ballet pumps untuk waktu yang lama, bagian belakang sepatu Anda akan menurun, sehingga Anda seakan-akan memakai sandal. Jadinya Anda akan cenderung berjalan menyeret kaki.
Masalah paling buruk yang disebabkan flat shoes bagi kaki adalah sepatu ini menyebabkan telapak kaki mengulung ke dalam sehingga membuat otot dan ligamen tertarik. Hal ini akan membuat jari-jari kaki tidak lagi selaras dengan telapak kaki secara keseluruhan. Lebih jauh lagi, ketika telapak kaki tertekuk ke dalam, tempurung lutut pun tertarik. Jika dipaksa berjalan dengan sudut yang salah seperti ini, tempurung lutut dapat terasa panas, sakit, dan kasus terburuknya bisa mengakibatkan arthritis. Berjalan menanjak atau berlari dengan flat shoes bisa membawa masalah, karena kurangnya dukungan (akibat hak yang terlalu rendah) akan membuat tulang betis nyeri.

Meski begitu, dr. O’Neill tidak merekomendasikan menghidari flat shoes sama sekali. Lagipula, tidak semua wanita senang jalan-jalan dengan sepatu super tinggi seperti Posh Spice. Menurut dr. O’Neill, mengenakan flat shoes selama beberapa hari dalam seminggu tidak apa-apa. Masalah baru muncul kalau orang-orang mengenakannya terus-terusan selama enam bulan atau lebih.

Sementara penelitian berbeda dari Italia menyebutkan bahwa wanita yang mengenakan high heels setinggi tiga sampai lima sentimeter dapat menikmati hubungan seks lebih baik daripada mereka yang tidak. Ternyata postur tubuh wanita yang memakai high heels memperbaiki otot panggul yang bisa menciptakan klimaks luar biasa.
Tips untuk kaki yang lebih sehat:

•Jaga berat badan. Kegemukan menyebabkan beban pada kaki bertambah.

•Variasikan high heels Anda, tapi pilihlah high heels setinggi dua-tiga cm untuk pemakaian sehari-hari.

•Bertelanjang kaki di rumah.

•Jika Anda suka berjalan kaki ke tempat kerja agar bisa sekalian berolahraga, kenakan sepatu olahraga, bukan flat shoes.

Nah, mulai sekarang, cobalah memvariasikan pilihan sepatu Anda. Penampilan Anda bisa selalu fresh dan kaki Anda pun lebih sehat! (niq)

High heels versus flat shoes:

High heels dapat menyebabkan:
Tulang kaki retak
Kuku jari kaki tidak dapat tumbuh dengan baik
Sakit lutut
Sakit punggung
Buku-buku jari kaki tertekuk
Terluka karena jatuh akibat high heels super tinggi

Keuntungan high heels:
Membuat kaki nampak elegan, dan seksi
Menambah ‘kekuatan’ bagi penampilan Anda
Dapat menolong pada beberapa masalah postur tubuh
Baik untuk otot Achilles Anda (otot di atas tumit dan di bawah betis)

Flat shoes dapat menyebabkan:
Telapak kaki tertekuk ke dalam dan membuat ligamen tertarik terpisah, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit pada dasar kaki
Jari-jari yang besar tertarik ke dalam, menyebabkan rasa sakit dan kaku
Arthritis di belakang tulang lutut Anda
Sakit punggung
Sakit pada tulang betis
Flats juga dapat membuat kaki terlihat pendek

Keuntungan flat shoes:
Kemungkinannya membuat Anda keseleo kecil
Lebih baik untuk kesehatan punggung jika dibandingkan dengan high heels
Menaikkan ego pasangan Anda yang tubuhnya kurang tinggi

sumber :hanyawanita.com

2 komentar:

  1. ok deh, ditunggu linkbacknya ya. lam kenall

    BalasHapus
  2. serba salah yah,, pke heels salah pke flat jg sama aj,, y ud nyeker aj deh,, hee

    BalasHapus

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post