Desember 12, 2009

Enam Cara Alami Atasi Ketombe




SIAPA bilang ketombe hanya biasa diobati dengan shampoo dengan kandungan zinc dan sulfur? Ketombe yang membuat kulit kepala terasa gatal dan mengurangi rasa percaya diri ini biasanya disebabkan oleh gangguan kesehatan.



Gangguan kesehatan tersebut seperti pembentukan racun akibat konsumsi makanan yang salah, konstipasi, serta rendahnya stamina akibat penyakit infeksi, ketegangan emosi, dan kelelahan. Bagaimana cara mengatasinya? Selain mengontrol faktor risiko penyebab tersebut, ada beberapa cara mudah dan alami yang bisa Anda coba di rumah. Berikut beberapa diantaranya.

Jeruk limau

Gunakan satu sendok teh air jeruk limau sebagai pembersih terakhir saat keramas. Cara ini tidak hanya akan membuat rambut bersinar tetapi juga mengangkat dan mencegah ketombe.

Tepung hijau (green gram powder)

Tepung hijau merupakan salah satu obat yang dinyatakan efektif untuk membasmi ketombe. Campurkan 2 sendok makan tepung ke dalam setengah cangkir curd (produk susu yang telah dikentalkan dengan asam atau cuka) dan gunakan untuk membersihkan rambut 2 kali seminggu.

Bit

Bit juga dilaporkan efektif dalam mengatasi ketombe. Caranya, rebuslah bit beserta akarnya. Selanjutnya, air rebusan ini dipijatkan ke kulit kepala dengan ujung jari setiap malam. Bit putih akan bekerja lebih baik dalam mengatasi ketombe.

Pare

Jus pare dinyatakan bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi ketombe. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan menggosokkan jus ke seluruh kulit kepala.

Cuka sari apel, susu, dan limau

Selain bahan di atas, ketombe juga bisa dihilangkan dengan cara memijat kulit kepala selama setengah jam sebelum tidur dengan menggunakan curd yang telah dibiarkan terbuka selama 3 hari atau dengan jus limau. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel yang telah diencerkan. Menggunakan cuka setelah keramas juga bisa membantu mengangkat ketombe.

Perawatan lain

Selain itu, pastikan juga untuk menjaga agar rambut dan kulit kepala tetap bersih. cara ini bisa meminimalkan penumpukan sel-sel kulit mati.

Rambut juga harus disisir setiap hari untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengangkat flek-flek di kulit kepala. Di samping itu, pastikan juga memijat kepala dengan jari setiap hari, bisa sebelum atau sesudah menyisir rambut. Sama seperti menyisir, cara ini juga berfungsi menstimulasi peredaran darah, mengangat kotoran dan ketombe di kulit kepala, serta mendorong pertumbuhan rambut. Selain itu, pastikan juga kepala terkena paparan cahaya matahari setiap harinya. (OL-08)

sumber :mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post