Desember 14, 2009

Cara Mudah Sembuhkan Gigitan Nyamuk




GIGITAN dan sengatan serangga termasuk nyamuk akan meninggalkan bekas kecil namun sangat mengganggu, terutama akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Bekas gigitan juga akan hilang dalam hitungan hari, tapi tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk mempercepat penyembuhan, berikut beberapa cara alami yang bisa Anda coba di rumah.



Minyak lavender

Oleskan minyak lavender pada bekas gigitan. Selain bekerja sebagai desinfektan, minyak lavender uga dinyatakan efektif menghilangkan rasa gatal.

Hilangkan Gatal

Gigitan nyamuk biasanya menyebabkan peradangan dan rasa gatal yang bisa bertahan selama 3-4 hari. Untuk mengontrol gejala tersebut, berikut beberapa saran dari Dr. Frazier yang bisa menjadi panduan Anda:

* Mengonsumsi antihistamine
* Mengompres dengan es
* Oleskan larutan garam ke bekas gigitan
* Soda kue (baking soda). Larutkan soda kue ke dalam segelas air. Basahi kain dengan larutan tersebut kemudian tempatkan pada bekas gigitan selama 15-20 menit.
* Garam epsom (Larutkan satu sendok makan garam epsom ke dalam 1 liter air. Dinginkan, kompreskan ke bekas gigitan seperti cara di atas).


Oleskan aspirin

Herbert Luscombe, M.D., menyarankan untuk membasahi bekas gigitan kemudian mengoleskan aspirin tablet yang telah dihaluskan segera setelah digigit. Aspirin, menurut Luscombe, bisa membantu mengontrol peradangan. Akan tetapi, hindari cara ini jika Anda alergi aspirin.

Gunakan desinfektan

Lalat dan nyamuk bisa menyebarkan penyakit. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air hingga bersih. Setelah itu bersihkan lagi dengan antiseptik.(OL-08)


sumber :mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post