Desember 03, 2009

Cara Mudah Dinginkan Rumah




SETIAP rumah dengan satu set air conditioner melepaskan 2 ton karbon dioksida setiap tahunnya. Cara ini juga tidak ramah lingkungan dan tentunya turut mengikis keuangan Anda. Menurut Trey Muffett, building science director for Sustainable Spaces dari San Fransisko untuk membantu menjaga lingkungan sekaligus tetap merasa sejuk saat udara panas, ada beberapa tip sederhana ramah lingkungan yang bisa Anda coba.





Berikut beberapa diantaranya:

1. Gunakan jendela dan gorden jendela sesuai kebutuhan

Jika Anda tidak berada di rumah sepanjang hari, tutuplah semua jendela dan gorden untuk menjaga agar rumah tetap dingin selama mungkin. Jika sedang di rumah dan tidak ingin semua jendela ditutup gorden, tutuplah saat dibutuhkan. Gorden yang berwarna hitam akan lebih efektif dibandingkan warna lain karena bersifat memantulkan panas. Jika udara cukup dingin di malam hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara.

2. Hindari menggunakan mesin pencuci atau menyetrika di siang hari

Selain itu, kompor merupakan salah satu sumber panas utama. Jika memungkinkan, masaklah di luar ruangan atau gunakan microwave. Pastikan juga mematikan komputer dan peralatan elektronik lain saat tidak digunakan. Jika dibiarkan terus menyala, alat ini akan menghasilkan panas yang tidak diperlukan. Pastikan juga mencabut kabel saat tidak digunakan untuk mengurangi tagihan listrik.

3. Mengganti bolam lampu

Lambu pijar memancarkan panas. Karena itu, banyak pakar yang menganjurkan agar menggantinya dengan lampu neon atau lampu halogen infra merah. Lampu neon dengan daya yang setara dengan lampu pijar mampu memberi penerangan yang jauh lebih kuat.

4. Gunakan Kipas

Saat udara di luar dingin, tempatkan kipas yang mudah diangkat di depan jendela yang terbuka untuk membawa udara ke dalam ruangan. Selain itu, ada baiknya juga memasang ventilator-plafon. (OL-08)


sumber :mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post