November 07, 2009

Tidur Nyenyak Setelah Ngopi




KOPI merupakan teman yang setia menemani saat Anda harus terjaga dan mengerjakan tugas yang belum selesai hingga larut malam. Akan tetapi, efek kafein kopi yang tetap bertahan bahkan setelah Anda selesai mengerjakan tugas juga bisa mengganggu. Efek kafein akan membuat Anda tetap terjaga meskipun Anda ingin sekali tidur dan melepaskan keletihan fisik dan pikiran. Apakah Anda pernah berpikir menggunakan alkohol untuk melawan efek kafein? Lupakan melawan efek kafein dengan depressant, cara tersebut tidak efektif. Lupakan juga alkohol ,dan cobalah empat langkah sederhana berikut:



1. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Dengan pengaruh daya kafein dari dalam tubuh, Anda perlu menciptakan lingkungan yang kurang stimulasi dan hal-hal yang membangkitkan semangat. Jadi, matikan TV, internet atau peralatan elektronik lainnya.

Matikan lampu utama dan tutuplah tirai kamar untuk mencegah masuknya sinar dari luar/jalan. Mulailah fokus untuk menciptakan atmosfer dengan penerangan temaram dari cahaya lilin atau lampu tidur. Anda bisa mendapatkan efek penerangan lembut dengan menempatkan lampu meja di lantai, menghadap ke arah dinding.

Selain itu, pastikan mematikan semua bunyi dari peralatan rumah tangga yang bisa mengganggu relaksasi Anda (seperti kulkas, tetesan air dari keran). Selanjutnya, lihatlah koleksi CD Anda yang bersifat menenangkan. Atau Anda bisa menggunakan CD yang berisi suara-suara alami, seperti hujan, air terjun dan hutan sebagai pengganti. Jika kebetulan sedang truun hujan, biarkan pikiran Anda tertuju pada suara tetesan hujan yang menyentuh jendela atau fokus pada bunyi gelembung air dari akuarium Anda. Anda memerlukan suara lembut yang berkelanjutan untuk merilekskan pikiran.

2. Olahraga ringan

Olahraga merangsang tubuh melepaskan hormon serotonin, hormon yang mengundang tidur. Tapi, pastikan memilih gerakan ringan yang tidak terlalu meningkatkan suhu tubuh (yang justru menghambat tidur). Cara yang paling ideal adalah melakukan rutinitas aerobik ringan, termasuk sit-up dan push-up di lingkungan nyaman yang telah Anda cipatkan sebelumnya.

Minum segelas susu hangat

Susu merupakan sumber tryptophan, asam amino yang akan diubah menjadi serotonin, yang selanjutnya akan diubah menjadi melatonin. Kedua hormon ini sangat berperan dalam mengundang rasa ngantuk. Dan jika Anda terbangun di malam hari dengan perasaan lapar, cobalah menghindari minuman bergula. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi sepotong roti. Karbohidrat akan meningkatkan sekresi insulin, yang membantu penyerapan tryptophan dan menguatkan efeknya.


3. Istirahatkan pikiran Anda.

Berhentilah mencemaskan kondisi Anda yang kesulitan tidur. Jangan melihat jam dan tidak perlu memikirkan beraja jam waktu tidur yang telah Anda sia-siakan . Kemudian, pilihlah buku bacaan. Hindari bacaan yang memerlukan kerja otak berat serta kerjaan yang justru memicu stres. Pilihlah majalah dengan bacaan ringan dan menarik. Dudulah di kursi atau sofa dan pindahlah ke temapt tidur saat Anda mulai lelah. Pastikan kalau tubuh Anda relaks. Atau jika malas membaca, bisa juga menutup mata sambil membayangkan lokasi yang menenangkan, seperti air terjun atau pantai. Konsentrasilah pada suara dan detail. Selanjutnya Anda sudah akan berlabuh di dunia mimpi tanpa sadar. (OL-5)

sumber :mediaindonesia.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post