SALAD SAYUR SAUS YOGHURT




Makanan fungsional atau functional food sering dibahas dalam lingkup gizi modern. Makanan fungsional adalah makanan dengan kandungan senyawa aktif yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memperkecil risiko terkena serangan penyakit tertentu serta memberikan manfaat kesehatan yang maksimal.

Salah satu cara menghadirkan makanan fungsional di meja makan ialah dengan menyajikan salad sayuran segar yang kaya zat fitonutrisi serta memadukannya dengan saus yoghurt sebagai sumber makanan probiotik.





SALAD SAYUR SAUS YOGHURT

Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
100 g wortel, serut tipis memanjang
150 g lettuce, iris kasar
100 g kol ungu, iris tipis
1 buah tomat merah, potong-potong

Saus yoghurt:
2 sdm yoghurt tawar
1 sdm mayones
1 sdt mustard Dijon
1 ½ sdt air jeruk lemon
1 sdt bawang putih parut
1 sdt madu

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan salad. Campur dalam mangkuk. Simpan di lemari pendingin hingga saat penyajian.
2. Saus yoghurt: Campur semua bahan saus. Aduk rata. Jika terlalu kental, tambahkan 1 sdm air matang.
3. Penyajian: Tambahkan saus ke dalam salad. Aduk hingga tercampur rata. Segera sajikan.




TIP DAPUR

*

Usahakan mengkonsumsi sayuran dan buah-buah dalam keadaan mentah atau segar. Untuk itu, jangan lupa cuci buah dan sayuran dengan baik dan seksama. Jika perlu gunakan larutan khusus untuk mencuci buah dan sayuran.




TIP SEHAT

Istilah-istilah yang sering muncul berkaitan dengan makanan fungsional:

*

Prebiotik (prebiotics) dan probiotik (probiotics) adalah bahan makanan yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan bakteri ‘jahat’ dan menambah jumlah bakteri ‘baik’ dalam usus besar. Contohnya: keluarga bawang-bawangan, yoghurt.
*

Fitonutrisi (phytonutrients) atau yang disebut juga dengan nama phytochemicals adalah senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya: senyawa flavonoid, likopen, betakaroten. Fitonutrisi banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran segar.
*

Zoonutrients yaitu senyawa aktif yang diperoleh dari sumber hewani. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia. Contohnya, asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan.

Komentar