Pendidikan Musik Penting untuk Otak Anak




PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) harus dienyam balita Indonesia untuk memastikan kesiapan balita dalam memasuki sekolah dasar dan tingkat lanjutannya. Meski belum semua anak beruntung mengenyam pendidikan, namun bantuan sosial Balita Cerdas dapat menjadi Balita Indonesia lebih berpendidikan.



"Desa tertinggal perlu sarana. Kita memang perlu bantu mereka. Bantuan ini harusnya diterima penduduk. Antusiasme warga terlihat sekali. Hari itu dikumpulkan di sebuah SD, diajari cara sikat gigi. Saya memotivasi mereka. Dipergunakan sebaik-baiknya untuk pay attention," ujar Purwatjaraka yang saat itu menjadi bintang tamu pada acara launching Balita Cerdas di RM Mang Kabayan Jalan Raya Senopati nomor 74 Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Meski tak melulu harus dalam bidang ilmu tertentu, namun di mata composer andal Indonesia tersebut, musik memiliki pengaruh penting pada otak anak.

"Otak kiri lebih analitik, bawaannya menghitung. Sedangkan otak kanan lebih abstrak. Bagus atau tidak ketika memandang suatu gambar. Ketika keduanya digabungkan maka melahirkan intuisi," jelas pria yang akrab disapa Kang Purwa ini.

Senada dengan Kang Purwa, Bambang Sumaryanto mengungkapkan, gizi waktu lahir volume otak balita Indonesia dengan balita luar negeri grafiknya sama. Namun, perkembangan gizi mereka berbeda. Faktanya, sebanyak 40 persen anak-anak yang mengenyam pendidikan wajib di Indonesia banyak yang drop out. Padahal mereka belum menyelesaikan pendidikannya.

"Sebesar 70 persen mereka drop out karena tidak siap masuk SD. Kenapa bisa? Karena tidak ada TK. PAUD sendiri sebagai tempat perkembangan motorik. Sehingga para anak-anak yang ingin masuk ke SD bisa lebih siap dengan pelajaran yang akan diterimanya," jelas pria berkacamata ini.

"Beberapa orangtua sering tidak berpikir ada investasi pada Golden Age. Secara ilmiah 80 persen penyerapan informasi yang diberikan pada Golden Age dapat diserap dengan baik. Jadi, tergantung orang tuanya mau memasukan sesuatu yang bermanfaat atau lagu-lagu dewasa," tandasnya. (nsa)

sumber :okezone.com

Komentar