November 28, 2009

Menguak Khasiat Dibalik Obat




OBAT bebas itu umumnya kombinasi dari zat-zat yang itu-itu juga. Obat sakit, misalnya. Apa pun mereknya, obat sakit kepala biasanya mengandung aspirin atau parasetamol.



Sementara itu, obat pilek biasanya mengandung antihistamin klorfeniramin maleat atau desklorfeniramin maleat yang bisa bikin mengantuk dan dekongestan seperti fenilpropanolamin hydrochloride atau fenilefrin hydrochloride, yang kadang-kadang membuat jantung berdebar dan tekanan darah naik.

Pada obat batuk, sebagian besar mengandung desktrometorfan hidrobromida yang kadangkadang dikombinasikan dengan ekspektoran, seperti gliseril guayakolat. Obat mag paling-paling antasida, yang umumnya kombinasi aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida, yang kadang-kadang menyebabkan sembelit atau diare.

Obat nyeri haid umumnya mengandung asam mefenamat yang bisa mengiritasi lambung. Obat asma mengandung teofilin dan efedrin. Zat yang disebut terakhir ini bisa menyebabkan jantung berdebar dan tekanan darah naik. Jadi kalau Anda pengidap sakit mag dan suatu saat Anda sakit kepala, pilihlah obat yang mengandung parasetamol (asetaminofen), jangan yang mengandung aspirin.

Demikian pula bila Anda sakit gigi, nyeri otot, atau nyeri-nyeri ringan sampai sedang lainnya. (Obatobatan antinyeri ini tidak akan manjur menghadapi nyeri kelas berat yang diakibatkan batu ginjal, dan batu empedu.


sumber :Koran SINDO



2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post