November 16, 2009

Kurangi mengkonsumsi makanan manis




WALAUPUN tidak menyebabkan kematian, penyakit gigi dan mulut dapat menurunkan produktivitas. Namun, hal tersebut ternyata bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula.



Penyakit gigi dan mulut yang banyak diderita yaitu penyakit jaringan penyangga gigi dan karies, yang berkaitan dengan kebersihan mulut dan juga berkaitan dengan perilaku dalam merawat kesehatan.

"Salah satu penyebab timbulnya penyakit sistemik adalah infeksi gigi atau kelainan pada gigi dan gusi. Penyakit ini disebabkan selain karena penyakit penyerta, obat-obatan, rokok, alkohol dan tembakau, juga bisa karena konsumsi gula berlebihan," tutur dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Internasional Bintaro, dr Tengku Bahdar Djohan SpPD.

Gula dibagi atas gula monosakarida (glukosa, fluktosa, dan galaktosa, maltosa, dan sukrosa). Glukosa ini bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, madu dan sirup jagung. Fluktosa bisa didapat dari buah-buahan dan madu. Laktosa bisa didapat dari susu. Sedangkan sukrosa berasal dari gula pasir dan pemanis (untuk cokelat, permen, kue, dan lain-lain).

"Dari seluruh jenis gula, sukrosa yang paling berbahaya. Sukrosa ini adalah golongan glukosa yang paling cepat diubah menjadi asam oleh mikroba di mulut (streptococcus mutans)," sebut Dr. Tri Erri Astoeti, drg, Mkes.

Tri Erri menjelaskan, konsumsi gula sulit untuk kita hindari dan tanpa kita sadari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa konsumsi gula di Indonesia terus meningkat.

Total konsumsi gula di Indonesia pada 2002 tercatat 3,3 juta ton. Pada tahun-tahun berikutnya konsumsi secara konsisten meningkat dengan laju 4,2 persen per tahun, dan pada 2009 doperkirakan mencapai 4,85 juta ton.

"Artinya, tanpa perawatan gigi yang baik dan benar, ancaman gigi berlubang semakin sulit untuk dihindarkan," tandasnya di acara yang sama.

Oleh sebab itu, Erri menyarankan untuk merawat gigi sebaik mungkin yang bisa dimulai dari perawatan diri sendiri seperti menyikat gigi. Menyikat gigi merupakan proses pembersihan gigi yang rutin dilakukan orang

sumber :okezone.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post