Oktober 21, 2009

Lima Cara Hebat Hilangkan Panas




Banyak rumah sakit Beijing melaporkan kenaikan tajam jumlah pasien rawat jalan dan kasus darurat pekan lalu akibat gelombang panas.

Selain sengatan sinar matahari dan dehidrasi, kebanyakan pasien menderita demam tinggi, sakit jantung, muntah-muntah, asma dan gangguan kesehatan lain, kata Dr. Li Jianren dari Pusat Darurat Beijing.



Jumlah orang yang mengeluh terserang demam dan rematik, yang diakibatkan oleh lama terpajan pada penyejuk udara, juga menghadapi kenaikan besar, kata Dr. Li Jian dari Beijing Traditional Chinese Medicine Hospital.

Dr. Li dan beberapa ahli lain menawarkan saran berikut untuk menjaga kebugaran selama gelombang panas:

1. Cobalah rencanakan hari anda dengan cara yang memungkinkan anda menghindari sengatan panas dan hindari bepergian ke luar rumah dalam kondisi yang paling panas pada siang hari (11;00-15:00).

2. Jika anda tak dapat menghindari kegiatan berat seperti olah raga atau berkebun, lakukan pada bagian yang lebih sejuk pada hari itu, seperti pagi-pagi sekali atau senja.

3. Jika anda harus keluar rumah, tetap berada di tempat teduh. Pakai topi dan pakaian yang tipis serta berukuran longgar, lebih baik dari bahan katun. Jika ada sangat mungkin berada di luar rumah untuk waktu tertentu, bawa air yang banyak.

4. Di dalam rumah, tetap berada di ruangan yang paling sejuk. Salurkan udara ke luar ruangan pada malam hari tapi tutup jendela dan pasang gordein selama siang hari. Tanaman di dalam ruangan akan membantu menyejukkan rumah anda karena penguapan. Mandi air dingin dan percikkan air dingin beberapa kali sehari ke tubuh anda.

5. Minum secara teratur, bahkan jika anda tak merasa haus. Air dan jus buah adalah yang paling baik. Hindarkan alkohol, teh dan kopi. Semua minuman itu membuat dehidrasi bertambah parah. Usahakan untuk makan makanan yang lebih dingin, terutama selada dan buah yang mengadung air.(Rni/Ant)

sumber :berita8.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post