September 12, 2009

Tips Praktis Membeli Mobil Bekas (Secondhand)




Membeli mobil bekas sangat berbeda dengan membeli mobil baru yang digaransi oleh pabrik.

Membeli mobil bekas, baiknya anda perlu pengetahuan yang cukup serta kecermatan agar anda tidak sampai membeli 'bekas mobil'.



Yang perlu anda cermati dalam membeli mobil bekas, ialah:

1. Surat: yakinkan bahwa mobil itu dilindungi oleh dokumen-dokumen (BPKB, STNK, Faktur) yang sah. Dan segeralah untuk memeriksakannya ke pihak kepolisian.

2. Mesin: Bukalah kap mesin dan hidupkan mesin lalu dengarkanlah suarannya, teliti bila ada suara aneh atau tetesan oli di mesin. aperhatikan asap knalpot, bila biru atau hitam, berarti karburatornya bermasalah.

3. Body dan Sasis: Perhatikan sela pintu dengan body, sebaiknya ukurannya stabil. Naikkan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi dan cobalah buka-tutup semua pintu, apabila tidak menutup sempurna mungkin mobil tersebut pernah tabrakan.

4. Suspensi: Tekan masing-masing bagian roda kebawah, saat dilepas, tekanan harus kembali ke atas dengan lembut. Kalau langsung lompat atau tidak berbalik, peredam kejut sudah tak berfungsi.

5. Roda: Ausnya ban harus rata, bila tidak rata berarti ada masalah di mekanisme suspensi.

Selain hal diatas yang mesti anda ketahui, ada bagian-bagian lain dari mobil bekas yang perlu anda cek sebelum anda membelinya, yaitu:


* Pedal, injakan harus mantap, tidak ada bunyi.

* Tangkai kemudi, perhatikan bunyi tidak normal.

* Ketok bagian demi bagian pada body, pastikan bunyinya sama dan mantap, ini merupakan tanda dempulnya rata.

* Kolong mesin, lihat apakah ada tetesan oli.

* Kondisi sasis dibagian roda dan dibawah alas kaki (floor mat).


Kendaraan yang masih bernilai jual kembali cukup tinggi adalah keluaran lima tahun terakhir. Alasannya sangat jelas, mudah menjualnya kembali karena masih banyak peminatnya dan tidak perlu banyak perbaikan.(Afz)

sumber :berita8.com

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post