September 30, 2009

Cerdik mengatur keuangan




Jaman makin susah aja nih! Harga barang-barang makin membumbung tinggi dan pendapatan tak juga meningkat, dalam keadaan seperti ini kita dituntut untuk berhati-hati dalam menggunakan uang, kalau perlu harus super hemat. Nah, berikut kami sampaikan beberapa tips untuk menghemat dalam penggunaan uang.



- Hal yang paling berkaitan dengan efektifitas pengelolaan anggaran dalam rumah tangga atau pribadi adalah menghemat uang dengan hanya mengeluarkannya untuk keperluan yang benar-benar kita butuhkan.

- Untuk memulai rencana penghematan, Anda bisa mengambil pena dan membuat catatan seberapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk kebutuhan dalam bulan ini, dan seberapa yang harus Anda sisakan untuk ditabung.

- Untuk kebutuhan sehari-hari , Anda bisa membuat daftar belajaan sebelum berangkat berbelanja. Mulai dengan barang yang paling besar dan membutuhkan dana lebih, cari celah dengan harga yang masih memungkinkan Anda dapat menyisakannya untuk keperluan yang lain, lalu menurun ke skala ke barang yang lebih tidak mahal.

- Hindari bujukan discount. Sebaiknya sebelum Anda tergiur merogoh kocek untuk membeli barang berlabel 'discount', pikir sekali lagi apakah barang tersebut benar-benar Anda butuhkan.

- Sediakan kotak tabungan, masukan uang-uang receh kembalian ke kotak tabungan itu. Dan di akhir bulan Anda bisa mengambilnya. Lumayan kan dapat digunakan buat bayar uang parkir atau hal-hal kecil lain di bulan berikutnya.

Bagaimana dengan tips kecil yang kami sampaikan di atas? Semoga dapat bermanfaat untuk menghemat bugdet Anda setiap bulannya, dan selamat mencobanya!

sumber :cafepojok.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post