September 22, 2009

Bunion dan Kelainan Bentuk Tulang Kaki




Bunion adalah benjolan di sekitar sendi tulang ibu jari kaki yang kemunculannya disertai dengan rasa nyeri. Benjolan ini berisi cairan yang bisa menyebabkan radang serta nyeri terutama jika bagian kaki tersebut sering tergesek.

Sekilas benjolan ini terlihat seperti kapalan. Namun jangan sampai Anda keliru, karena bunion terjadi akibat gesekan antara kaki dan alas kaki dan hanya muncul di area kaki saja. Sementara kapalan dapat muncul di bagian kaki dan tangan yang terbentuk akibat tekanan.

Bunion berkaitan dengan kelainan bentuk tulang kaki yang disebut dengan Hallux Valgus.

Jika normalnya letak tulang tulang jari ibu kaki mengarah lurus sejajar dengan jari lainnya, maka pada hallux valgus kondisi persendian ibu jari melebar dan berbelok tidak normal masuk ke arah jari telunjuk. Akibatnya, jaringan pada bagian tersebut akan tergesek secara terus menerus dan menyebabkan munculnya benjolan berisi cairan yang disebut bunion.
Apabila bunion dibiarkan maka dapat merusak sendi akibat jarak antar sendi yang tidak normal. Kerusakan peradangan sendi inilah yang dikenal dengan osteoartitis

Penyebab

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya bunion, diantaranya :

* Faktor genetik. Sekitar 67 persen, bunion disebabkan oleh faktor keturunan

* Pemakaian alas kaki yang tidak sesuai. Pemilihan sepatu yang tidak tepat dan sesuai ukuran dapat menyebabkan terjadinya hallux valgus. Salah satunya jenis sepatu yang dapat memicunya adalah sepatu bertumit tinggi dan berujung runcing.

Perawatan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bunion, diantaranya :

* Kompres dengan es batu. Sebagai pertolongan pertama, kompreslah dengan es batu bagian kaki yang mengalami rasa nyeri akbiat bunion. Tindakan ini dapat menciutkan pembuluh darah yang bengkak akibat meradang sekaligus mengurangi rasa nyeri.



* Menggunakan alat bantu ortotik. Alat biomekanik ini berupa sol sepatu yang disesuaikan dengan anatomi kaki penderita yang bisa dimanfaatkan untuk mengoreksi tulang. Cara pemakaiannya dengan menyelipkannya pada bagian sepatu yang sering dipakai penderita. Sol sepatu ini sangat efktif untuk mencegah nyeri yang berkepanjangan akibat gesekan. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli ortopedi atau ahli podiatri, sebelum Anda menggunakan sol sepatu ini agar mereka bisa membuatnya sesuai dengan anatomi kaki dan keinginan Anda.

* Operasi. Tindakan ini diambil jika hanya bunion sudah menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu sehingga penderitanya kesulitan untuk beraktivitas. Operasi bisa dilakukan dengan beragam teknik, kondisi, gaya hidup dan aktivitas pasien.


sumber :coneqtique.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post