Agustus 30, 2009

Tips Aman Konsumsi Obat




Diskusikan dengan dokter mengenai obat yang akan dikonsumsi seperti mekanisme, indikasi, kontra indikasi dan efek sampingnya.

Untuk menghindari kemungkinan overdosis, interaksi atau reaksi dari obat yang kurang menguntungkan, Anda perlu memperhatikan obat jenis apa yang Anda konsumsi, seberapa banyak dosis yang diperlukan dan bagaimana cara mengonsumsinya.






Anda perlu mengingat, obat tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Hindari mengonsumsi beberapa obat secara bersamaan untuk menghindari komplikasi berbahaya.

American Heart Association memberikan beberapa saran agar Anda dapat mengonsumsi obat dengan aman, yaitu :

* Letakkan obat Anda ditempat yang sejuk, kering dan tidak terkenamatahari langsung. Jangan taruh dikamar mandi atau di tempat yang cenderung lembab.
* Kenali obat mana saja, termasuk obat bebas, yang tidak boleh dikonsumsi s ecara bersamaan dengan obat dari resep Anda.
* Selalu minum obat seperti yang disarankan dokter Anda, termasuk lamanya obat tersebut sesuai yang diresepkan.
* Untuk mempermudah catatan obat Anda, tebus resep obat Anda hanya pada satu apotik.
* Bangun hubungan baik dengan apoteker kemudian coba untuk berkonsultasi pada orang yang sama. Jangan ragu untuk bertanya.
* Katakan pada dokter Anda setiap obat yang Anda konsumsi termasuk obat bebas dan ramuan herbal.
* Jangan mengambil risiko untuk mengalami efek samping obat. Katakan pada dokter Anda mengenai obat yang kemungkinan alergi terhadap tubuh Anda.
* Jangan berusaha membuka atau menumbuk obat yang diberikan pada Anda, kecuali memang apoteker memberitahu Anda. Hal itu dikhawatirkan dapat mempengaruhi daya kerja obat.

sumber :republika.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post