Puasa Sehat Tanpa Lemas




Mau tahu gimana caranya agar puasa tidak lemas..?? ..

Mungkin bisa dicoba tips dibawah ini :





1. Makan sehat. Makanlah dengan menu seimbang, lengkap dengan karbohirat, lemak yang baik, protein, vitamin, minenal, dan serat. Perbanyak makan buah dan sayur.

2. Ada yang perlu dihindari. Hindari makanan mengandung gula tinggi, gorengan, dan kuning telur karena mengandung lemak buruk. Udang, cumi-cumi, kerang, kepiting, jeroan, otak, dan hati yang mengandung kolesterol tinggi, daging merah lebih baik dihindari. Perbanyak makan ikan dan daging ayam tanpa kulit.

3. Porsi cukup. Jangan “lapar mata” melihat banyak jajanan menjelang buka puasa. Atau “balas dendam” dengan terlalu banyak makan saat berbuka. Puasa artinya menahan diri dari segala nafsu.

4. Untuk diet. Idealnya, usai berpuasa berat akan turun 1-2 kg. Minimal, bagi pemilik berat badan ideal akan sama berat badannya. Bahkan bagi yang kegemukan, usai berpuasa seharusnya bisa turun hingga 3 kg.

5. Tetap olahraga. Lakukan olahraga ringan yang sifatnya maintenance, 1-1,5 jam menjelang berbuka puasa selama maksimal 30 menit saja.

6. Diteruskan. Fungsi puasa sebagai detoks akan lebih afdol jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, puasa seminggu satu atau dua kali.

sumber :detik.com

Komentar

  1. betul kang Puasa itu sebetulnya diet detox yg sangat menyehatkan badan lahir batin ..maka wahai kaum muslim dan muslimat segeralah tegakkan puasa wajib maupun sunat..nice post.

    BalasHapus

Posting Komentar