Agustus 15, 2009

Manfaat tanaman Greges Otot




Herba ini tumbuh ditempat terbuka dan berkumpul pada tanah lembah berpasir dan berbatu-batu yang banyak digenangi air, seperti di sepanjang aliran air di pegunungan, tepi sungai, selokan atau di rawa-rawa.



Tanaman pakuan yang tumbuh tegak dan menjulang ke atas ini memiliki ketingggian sekitar 1 m. Batangnya agak lemas, bergaris-garis, beruas panjang dan berongga dengan diameter 2-10 mm. Pangkal tanaman kadang merayap dan berujung berjuntai. Akarnya rimpang dan merayap. Daun spora berbentuk perisai segi enam, bertangkai, di tengah-tengah berangkai dan susunannya berkeliling.

Komposisi

Dalam greges otot terkandung senyanya kimia berupa asam kersik, asam oksalat, asam malat, asam akonitat (equisetic acid), asam tanat, kalium, natrium, thiaminase dan saponin. Sifatnya manis, sedikit pahit dan netral.

Penyakit Yang Dapat Diobati antara lain:

*

Radang mata merah (acute conjunctivitis).
*

Radang saluran air mata (ductus lacrimalis).
*

Menghambat pembentukan selaput pada mata (pterygium).
*

Influenza, demam.
*

Diare, radang usus.
*

Hepatitis.
*

Kencing berdarah (hematuria), berak darah, darah haid banyak.
*

Kencing kurang lancar, bengkak (edema).
*

Tulang patah, rematik.
*

Wasir (hemorrhoid).

Pemakaian :

Seluruh tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Sebelum digunakan, cuci bersih terlebih dahulu tanaman ini lalu dipotong-potong seperlunya. Jemur untuk disimpan.

*

Untuk diminum: Sediakan 10-15 g herba kering lalu rebus dan diminum airnya.

*

Pemakaian luar: Buat herba menjadi parem. Lalu digunakan pada bagian persendian yang sakit. Dapat juga digosokkan pada anak untuk memperkuat anggota gerak dan obat luka.



Berikut pemanfaatan greges otot untuk mengobati beberapa penyakit :

*

Hepatitis
Sediakan 30 g herba greges otot lalu rebus, dan diminum airnya sebagai teh.

*

Acute conjunctivitis, radang mata
Sediakan masing-masing 10 g greges otot, biji boroco (Celosia argentea L.), bunga chrysant (Chrysanthemum indicum), kulit sejenis jangkrik (Cryptotympana atrata = cicada). Lalu rebus semua bahan tersebut. Setelah dingin, saring dan diminum.

*

Rematik
Rebus 15 g herba kering bersama sebutir asam (Tamarindus indica) dan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring dan kemudian diminum setiap pagi dan sore hari, sampai sembuh.

Catatan : Pemakaian lama, dapat mengganggu fungsi ginjal.

sumber :conqtique

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post