Agustus 01, 2009

Tips membuat gembira dalam hitungan menit




SEMUA orang ingin sehat dan gembira. Banyak teori yang ditawarkan rumit untuk dilakukan. Padahal kita bisa melakukan hal yang sangat sederhana. Untuk membantu Anda tetap menemukan kebahagiaan, tetap semangat dan termotivasi, berikut beberapa tip sederhana dari psychology professor and behavioural expert Richard Wiseman, yang bisa diterapkan dengan mudah dalam hitungan menit.



Menemukan kebahagiaan

Buat diari: Daripada membicarakan masalah-masalah Anda, lebih baik menulisnya. Mereka yang menghabiskan beberapa waktu untuk menata pikiran mereka dengan menuangkannya di atas kertas terbukti mengalami peningkatan kesehatan fisik dan psikologis yang signifikan.

Tersenyum, berdiri dan berbuat dengan gembira: Mungkin Anda tidak menyukainya, tapi cara termudah untuk bergembira adalah dengan mulai bertingkah seolah-seolah Anda memang gembira. Tersenyumlah selama beberapa detik, berdirilah dengan tegak dan hindari posisi bermalas-malasan dan berbuatlah dengan semangat. Mood Anda akan segera mengikuti perbuatan Anda.

Belilah pengalaman, bukan barang: Menurut Anda, berbelanja hingga kelelahan mungkin cara yang baik meredakan kesedihan. Tapi, penelitian menunjukkan kalau Anda akan merasa jauh lebih baik jika menghabiskan uang dengan liburan, menonton konser atau makan.

Pakaian, sepatu bagus dan gadget terbaru akan membuat Anda senang untuk sementara waktu, tapi pengalaman baru dan waktu yang dihabiskan berasama teman-teman akan membuat Anda lebih gembira untuk jangka panjang.

Tetap termotivasi

Berhenti berfantasi: Menghayal memiliki pekerjaan dan pasangan yang sempurna akan membuat Anda merasa nyaman untuk sementara waktu. Tapi hal ini juga bisa menghalangi Anda mencapai tujuan. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang berfantasi mengenai hidup yang sempurna cenderung tidak siap menghadapi tantangan dalam menggapai kesuksesan. Jadi, daripada menghayal, lebih baik memikirkan cara nyata untuk mencapainya.

Membuat rencana: Rencana merupakan bagian penting dalam mencapai tujuan. Untungnya, peneliti telah menemukan 6 kunci untuk membantu Anda membuat skema. 6 kunci tersebut termasuk menuliskan, menceritakannya kepada teman, membuat jadwal, menjabarkannya ke dalam langkah-langkah yang bisa diterima, menghargai diri sendiri setelah mencapai setiap langkah, dan menghabiskan waktu untuk mengingatkan diri akan manfaat-manfaat mendapatkan tujuan Anda.

Menjalani hari: Jika Anda cenderung suka mengerjakan sesuatu dengan lambat, para peneliti menganjurkan Anda untuk memulai dengan hal kecil yang bisa diselesaikan dalam hitungan menit. Memulai aktivitas menimbulkan kecemasan, dan kecemasan ini tidak akan berakhir hingga pekerjaan itu selesai. Meskipun hanya memulai sedikit, otak Anda akan dipicu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut hingga akhir. (OL-08)


sumber :mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post