Agustus 24, 2009

5 Alasan Malas Olahraga dan Cara Mengatasinya




MUNGKIN Anda termasuk orang yang sangat fanatik mengenai olahraga. Anda selalu berolahraga setiap harinya. Tapi, tiba-tiba suatu hari Anda kelihatannya sama sekali tidak punya tenaga untuk berolahraga. Apa yang terjadi? Tidak perlu cemas, hal ini hampir terjadi pada semua orang, bahkan pada mereka yang bermotivasi tinggi melakukan rutinitas fitnes mereka. Mereka yang tetap hadir di gym saat liburan, saat orang lain sibuk berpesta dan makan enak di rumah pun tetap pernah mengalami hal ini. Apa penyebab sebenarnya? Semua orang mempunyai alasan yang berbeda. Kuncinya adalah mencaritahu penyebabnya dan mengidentifikasi cara mengatasinya.



Alasan 1: Anda tidak punya cukup waktu

Ini merupakan keluhan yang paling klasik. Anda sibuk mengejar karir, menemani istri atau pacar dan mungkin juga anak, belum lagi teman yang selalu menggoda Anda untuk menghabiskan waktu bersama untuk nonton atau bermain game. Kebutuhan dalam hidup tidak akan pernah berhenti, dan seringkali, segala permintaan ini menyita waktu yang seharusnya Anda gunakan ke gym atau berolahraga. Yang bisa Anda lakukan:

Jadwalkan waktu latihan Anda. Mulailah menjadwalkan waktu latihan Anda, sama seperti Anda membuat janji bertemu dokter. Jika sudah menulisnya, peganglah itu sebagai komitmen, jika ada aktivitas lain, maka aktivitas tersebut juga harus dijadwalkan sehingga tidak merusak jadwal olahraga Anda.

Maksimalkan waktu latihan Anda. Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kalau Anda melakukan yang terbaik saat berada di gym. Daripada melakukan olahraga yang hanya menguatkan otot tertentu, pilihlah latihan yang bisa menguatkan banyak otot sekaligus.

Jadwalkan sesi yang lebih singkat. Meskipun hanya mempunyai waktu 30 menit, Anda tetap bisa berolahraga, asalkan Anda bisa mendorong diri Anda. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat hasilnya. Banyak orang yang pergi ke gym dan melakukan latihan berlebih. Mengurangi waktu latihan Anda sebenarnya bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pilihlah gym yang mudah di akses. Saat hendak memilih gym, pastikan Anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Pilihlah tempat yang Anda lalui saat pergi atau pulang kerja. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda bisa berhenti dan singgah di sana saat lewat.

Alasan 2: Anda belum melihat hasilnya

Anda sudah berolahraga selama 3 bulan tetapi belum juga melihat hasilnya. Hal ini membuat Anda kurang bersemangat dan merasa hanya menghabis-habiskan waktu. Jika ini masalahnya, sudah waktunya untuk mengevaluasi rutinitas olahraga Anda. Yang bisa Anda lakukan:

Cobalah libatkan pelatih pribadi. Bantuan pelatih profesional bisa membantu Anda mendapatkan hasil sesuai yang Anda inginkan dengan lebih cepat.

Buatlah target yang realistis. Jika Anda sudah mulai berolahraga selama sebulan dengan berat badan awal 100 kg dan jumlah lemak total 25% dari itu, akan sangat sulit menghilangkan 10% lemak tubuh hanya dalam waktu beberapa minggu. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam jumlah besar, pecahlah terlebih dahulu menjadi beberapa ukuran atau target kecil. Dengan begitu, Anda akan tetap senang menerima perubahan yang kecil sedikit demi sedikit.

Konsumi makanan sehat. Perhatikan diet Anda. Jika jumlah kalori yang Anda makan tetap lebih besar daripada yang Anda bakar, maka olahraga Anda tidak akan berhasil. Tetaplah perhatikan catatan diet Anda, dengan begitu, hasil latihan Anda juga akan lebih kelihatan.

Alasan 3: cidera

Jika Anda baru saja mengalami cidera, hal ini bisa membuat Anda malas melakukan latihan. Tapi, jangan stres karena itu dan memilih menghindari gym. Yang bisa Anda lakukan:

Geserlah fokus latihan Anda. Luangkan waktu untuk memperhatikan aspek olahraga yang mungkin selama ini telah Anda abaikan. Jika selama ini Anda hanya sibuk menurunkan berat badan, cobalah lebih menguatkan latihan cardio Anda.

Kuatkan bagian tubuh lainnya. Jika Anda mengalami cidera ringan di bagian bahu, Anda masih bisa melakukan latihan kekuatan di area kaki. Tapi, pastikan kalau Anda meluangkan waktu untuk pemulihan dan melakukan pengobatan jika diperlukan.

Alasan 4: Anda ke gym, tapi tidak cukup latihan

Hal ini bisa terjadi jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di gym. Jika Anda merasa berada pada kelompok ini, sudah waktunya fokus pada alasan mengapa Anda di sana. Yang bisa Anda lakukan:

Jadwalkan durasi berolahraga. Cobalah mengatur waktu berapa lama Anda ingin melakukan latihan. Setelah melewati waktu tersebut, Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk relaks dan bersosialisasi.

Pilihlah pelatih profesional pribadi. Seorang pelatih bisa membimbing Anda tetap pada target Anda. Selain itu, Anda akan lebih fokus karena harus membayarnya dalam hitungan jam.

Alasan 5: merasa terintimidasi

Anda mungkin merasa terintimidasi, khususnya di tahap awal, dimana Anda malu melihat bentuk tubuh yang lainnya dibandingkan dengan bentuk tubuh Anda yang belum maksimal. Selain itu, mungkin Anda merasa terintimidasi karena belum memahami konsep-konsep dasar memulai latihan dan masih asing cara menggunakan mesin-mesin yang ada di gym tersebut. Yang bisa Anda lakukan:

Berkonsultasilah dengan seorang pelatih pribadi. Pelatih ini tentunya bisa mengajari Anda dasar-dasar memulai sebuah program sebelum Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Pilihlah waktu sepi. Jika penampilan membuat Anda merasa kurang nyaman, pergilah ke gym di saat-saat sepi. Hal ini bisa membantu Anda mengingatkan diri kalau semuanya hanya masalah waktu.

Berlatih dengan teman. Carilah teman yang selalu tertarik membentuk dan mempertahankan bentuk badan. Olahraga Anda tentunya akan lebih menyenangkan jika ditemani oleh seseorang yang bisa juga diajak berkomunikasi dan saling mendukung.

sumber :mediaindonesia.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post