Juli 14, 2009

Pare, Tanaman Pahit Penyembuh Penyakit




Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang memiliki bau tidak sedap. Tanaman pare banyak ditemui di daerah tropik dan tumbuh baik di dataran rendah ataupun tumbuh liar di tanah terlantar. Dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang agak terlindung yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.




Tanaman setahun ini tumbuh merambat atau memanjat dengan alat pembelit atau sulur berbentuk spiral, banyak cabangnya. Terdapat 3 jenis tanaman pare, yaitu pare gajih, pare kodok dan pare hutan.

Pare gajih berbentuk besar dan panjang, warnanya hijau muda atau keputihan. Dagingnya tebal dengan rasa yang tidak begitu pahit. Pare kodok bentuk buahnya tampak bulat pendek dan rasanya pahit. Sedangkan pare hutan merupakan pare yang tumbuh liar dengan bentuk buah yang kecil dan rasanya pahit.

Kandungan Pare

Pare memiliki sifat yang pahit, dingin dan juga anti radang. Kandungan kimia yang terdapat pada daun pare berupa momordisin, momordin, karantin, asam trikosanik, resin, asam resinat, saponin, vitamin A dan C serta minyak lemak yang terdiri dari asam oleat, asam linoleat, asam stearat dan L.oleostearat. Sementara buahnya mengandung unsur karantin, hydroxytryptamine, vitamin A,B dan C.


Penyakit yang Dapat Diobati :

Tanaman pahit ini berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya, batuk, radang tenggorokan, sakit mata merah, demam, malaria, menambah napsu makan, kencing manis, rhematik, sariawan, bisul, abses, demam, malaria dan sakit lever.

Berikut beberapa khasiat pare dalam mengobati beberapa jenis penyakit.


Khasiat Buah


* Disentri
Potong menjadi beberapa bagian 2 buah pare segar yang sudah dicuci. Lumatkan dengan menggunakan blender yang sudah bersisi seperempat gelas air bersih. Lalu seduh dan peras. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

* Kencing Manis
Sediakan 2 buah pare, cuci dan lumatkan. Tambahkan setengah gelas air bersih, lalu aduk dan peras. Minum ramuan ini sehari sekali selama 2 minggu.

* Penambah ASI
Rebus beberapa menit 1 buah pare yang sudah dicuci bersih. Lalu gunakan sebagai lalap.




Khasiat Daun


* Demam nifas
Cuci bersih 3 daun pare segar dan lumatkan. Lalu seduh dengan segelas air dan sedikit garam. Peras dan saring ramuan. Minum air perasan pare 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

* Rambut Subur
Cuci bersih beberapa helai daun pare segar lalu diremas-remas. Oleskan ke bagian kulit kepala anak.

* Kemandulan
Sediakan 27 gram sari daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa. Campur semua bahan, lumatkan lalu tambah dengan segelas air bersih. Setelah direbus hingga mendidih dan diperas, minumlah air rebusan tersebut setiap hari selama 3-4 bulan.

Khasiat Akar

* Ambeien
Ambil akar pare, cuci bersih lalu lumatkan. Oleskan ramuan ini pada ambeien.

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post