Juli 07, 2009

Menyusui Teratur Cegah Payudara Bengkak!




ASI merupakan makanan utama untuk bayi hingga usia empat bulan, bahkan jika masih memungkinkan dapat diteruskan pemberiannya. Agar dapat menyusui dengan baik dan lancar, seorang ibu harus menjaga kesehatan diri termasuk di antaranya kebersihan payudara.

Kadang-kadang, pada minggu pertama setelah melahirkan, payudara ibu akan terasa bengkak karena adanya sumbatan pada saluran ASI. Bila hal tersebut dibiarkan, lama-lama akan terjadi infeksi dan menyebabkan peradangan pada payudara, yang disebut mastitis. Peradangan tersebut dapat terjadi pada satu atau kedua payudara sekaligus.



Penyebab pasti terjadinya mastitis belum diketahui, namun biasanya dari bakteri jenis staphylococcus aureus. Umumnya, terjadi pada minggu ke dua hingga ke tujuh setelah persalinan. Meskipun demikian, mastitis dapat juga terjadi pada wanita yang tidak menyusui ataupun hamil. Bakteri biasanya masuk melalui puting susu yang pecah-pecah atau terluka.

Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain, para ibu diharapkan untuk istirahat yang cukup. Secara teratur menyusui bayinya, setiap dua atau tiga jam sekali sesuai ritme perut bayi, akan dapat mencegah payudara bengkak dari infeksi. Usahakan jangan pernah menunda atau melewatkan waktu menyusui. Gunakan BH yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Selalu menjaga kebersihan payudara dengan cara membersihkan dengan kapas dan air hangat.
(Mom& Kiddie//tty)

sumber :okezone.com


1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post