Juni 03, 2009

Tips Meringankan Masalah Sinus


Alergi adalah alasan yang cukup umum untuk masalah sinus. Alergi yang mempengaruhi hidung, seperti udara luar yang berdebu dan udara di dalam ruangan, dapat menyebabkan selaput hidung mengembang dan menjadi sinus.


Sinus itu sendiri terjadi karena ada tempat kosong didalam tulang sekitar hidung menjadi mampet.

Lendir, yang biasanya dialirkan dari sinus ke hidung, tidak bisa keluar airnya. Lendir yang semakin bertambah akan memberikan "bakteri" untuk tumbuh, yang menyebabkan infeksi.

Apapun pemicunya, lima tips ini dapat membantu anda meringankan masalah sinus anda.

1. Pastikan suhu tubuh anda tidak panas

Bila panas aktif, selaput hidung menjadi kering. Lendir yang tidak dibersihkan secara efektif, beresiko tinggi terjadi infeksi sinus dan masalah lainnya, seperti sakit kepala dan mimisan. Pada musim dingin, lebih baik memakai sweater dan memelihara tubuh agar tetap stabil suhunya dari udara panas.

2. Melembabkan suhu udara

Upayakan agar lingkungan dalam ruangan tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab. Dan jika anda alergi terhadap debu, itu berita buruk bagi radang hidung anda.

Jika ruangan didalam rumah atau gedung terlalu lembab juga dapat mendorong pertumbuhan jamur, yang juga dapat menyebabkan masalah sinus.

Alat penguapan dapat membuat anda lebih nyaman jika anda punya masalah sinus. Pastikan anda membersihkan perabot anda untuk mencegah bakteri bertambah besar dan anda terhindar dari penyakit.

3. Menata lingkungan rumah

Upayakan rumah agar lebih hemat energi, dan jika anda menutup terus rumah anda akan memperburuk udara sekitar sehingga menyebabkan sinus.

Solusinya, membuka rumah anda dalam kondisi yang hangat untuk menjernihkan suasana adalah hal yang baik, dan semakin sedikit debu yang masuk agar tidak menyebabkan alergi.

4. Meminun banyak air

Minum banyak cairan dapat membantu sinus tetap berfungsi dengan baik, setidaknya 8 gelas sehari, tetapi lebih banyak lebih baik. Kebanyakan dokter menyarankan anda minum cukup air setiap hari sehingga air seni pada umumnya bening.

Air garam untuk hidung dapat membantu juga. Anda dapat menyediakan sendiri di rumah. Caranya: Masukkan 3 / 4 sendok teh garam dalam segelas air. Gunakan alat seperti pipet untuk memasukan air ke hidung agar hidung bersih dari kotoran dan lendir.

Air garam akan mengalir ke rongga hidung anda, atau ke dalam lubang hidung lainnya, dan mungkin ke dalam tenggorokan. Tiup hidung anda untuk membersihkan air, dan kemudian ulangi langkah-langkah tersebut pada lubang hidung.

5. Hindari polusi dalam rumah

Alergi di dalam ruangan atau dalam rumah dapat menambah parah sinus anda. Asap rokok, debu dari barang-barang, hairspray, dan bahan lainnya yang menimbulkan uap dapat membuat masalah sinus bertambah parah.

Sesuatu yang memiliki bau yang kuat dari uap dapat menjadi masalah, terutama jika anda rentan. Asap rokok mungkin adalah nomor satu yang paling parah untuk sinus. Cobalah meminta anggota keluarga atau siapapun untuk merokok di luar.
(Afz)
sumber :berita8.com

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post