Juni 14, 2009

Tips Mengolah Ikan


Setelah membeli ikan terkadang kita tidak tahu bagaimana membersihkan ikan dari kotoran yang menempel. Sebelum dimasak baiknya ikan harus sudah dalam keadaan bersih dan siap dimasak. Berikut tips mengolah ikan :




• Membersihkan sisik. Jika ingin membersihkan sisik ikan dengan mudah, celupkan terlebih dahulu seluruh jari tangan Anda ke dalam garam. Ini akan membantu Anda memegang permukaan kulit ikan yang licin, menjadi lebih mudah.

• Menguliti. Untuk menguliti ikan yang berkulit agak tebal, sebaiknya potong badan ikan secara horisontal, hingga melintasi ekornya lebih dulu. Lalu, tarik kulit ikan dengan satu tangan dan tekan dengan gerakan seperti menggergaji. Tahap terakhir, gunakan pisau untuk memotong bagian tersulit, di antara daging dan kulit.

• Membumbui. Saat akan membumbui ikan, jangan langsung menaburkannya ke atas daging ikan. Sebaiknya, tuang bumbu dapur yang tersimpan di dalam otol-botol kecil ke dalam tutupnya. Sehingga, Anda tak akan memboroskan bumbu yang Anda punya. Sisa bumbu pun bisa langsung dikembalikan ke dalam botol tanpa perlu kuatir terkena kotoran atau bau amis dari tangan Anda yang ditimbulkan ikan.(tnv/yon)

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post