Juni 05, 2009

Manfaat Lain Kembang Kol


(Brassica oleracea var. botrytis)



Tumbuhan kembang kol berasal dari kawasan Eropa, Mediteran, dan Asia Tengah. Bunganya padat, tebal, dan tersusun dari rangkaian bunga-bunga kecil bertangkai pendek. Bunga membentuk bagian yang padat berwarna putih atau putih kekuningan, besar kembang kol bisa mencapai diameter 30 cm.



Bagian tumbuhan yang dikonsumsi adalah kelopak bunganya. Sebelum dimakan, harus dimasak terdahulu, seperti; direbus, atau diolah menjadi sup.

Kembang kol baik bagi kesehatan payudara karena mengandung komponen sulfur yang disebut indoles. Indoles membantu mengatasi kadar estrogen yang berlebih dan memicu kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Linus Pauling Institute, Oregon State University menyebutkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang saat hamil banyak mengkonsumsi sayuran sejenis kembang kol menunjukkan adanya resistensi yang tinggi terhadap penyakit leukemia dan limfoma di masa kanak-kanak dan kanker paru di masa dewasa kelak. Hal itu disebabkan karena kembang kol mengandung indol-3-carbinol.

Khasiat lain dari kembang kol adalah untuk mengatasi sakit kepala, gelisah, stres dan gangguan sirkulasi.

sumber :coneqtique

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post