Juni 10, 2009

Labu siam sembuhkan demam


Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah. Tak hanya buahnya yang bisa diolah menjadi sayur, pucuk batang serta daun mudanya pun bisa santap sebagai lalap.


Labu siam memiliki banyak nama, masyarakat Jawa Tengah mengenalnya sebagai labu jipang, masyarakat Jawa Timur menyebutnya manisah, masyarakat Jawa Barat menyebutnya waluh siam, masyarakat Manado menyebutnya dengan ketimun Jepang. Sedangkan masyaralat dunia internasional biasa menyebut buah ini chayote

Tumbuhan yang batangnya menjalar dan melilit ini merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan. Daunnya berbentuk lekuk tangan, sedangkan buahnya berbentuk genta. Buahnya mengandung vitamin A, B, C, niasin, dan sedikit albuminoid. Terdiri dari 90 persen air, 7,5 persen karbohidrat, 1 persen protein, 0,6 persen serat, 0,2 persen abu dan 0,1 persen lemak. Juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium, serta beberapa zat kimia yang berkhasiat obat. Daunnya mengandung saponin, flafonoid, dan polifenol.

Itu sebabnya buah ini baik untuk menyembuhkan gangguan sariawan, panas dalam, serta menurunkan demam pada anak-anak karena mengandung banyak air. Selain itu, buah ini juga bersifat diuretik (peluruh air seni). Kandungan alkoloidnya bisa membuka pembuluh darah yang tersumbat.
sumber :coneqtique

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post