Tips Memelihara Jeans

Siapa yang tidak menyukai jeans? Saya rasa terlalu banyak kalangan yang mencintai jeans dibanding yang ‘anti’ jeans.

Celana dari bahan jeans biasanya trendy, tahan segala jaman, nyaman dipakai dan awet kotor, karena itu jeans amat disukai terutama oleh kalangan muda.



Nah, kebetulan dari majalah Femina no 5/XXXVII, saya menemukan tips tentang jeans, dan saya rasa layak untuk saya bagikan di sini untuk para pencinta jeans.

* Untuk jeans baru, sebaiknya dipakai sesering mungkin, apalagi juga bahannya kaku, sebaiknya dipakai 2-3 kali sebelum dicuci, biarkan jeans beradaptasi dengan cara kita berjalah, duduk, dan beraktivitas, sehingga lentur dan nyaman di tubuh.

* Jaga bentuk aslinya, sebagian besar jeans wanita memiliki 2-4% kain stretch yang dicampur ke dalam bahan denim, dan akan sedikit melonggar setelah dipakai beberapa jam. Jadi jika teman-teman menyukai jeans yang pas di badan, cucilah setidaknya seminggu sekali agar bentuknya kembali seperti semula lagi.

* Selalu membalik jeans (bagian dalam di luar) ketika mencuci, untuk menjaga warnanya agar tidak cepat pudar. Jeans boleh dicuci menggunakan mesin cuci, tapi sebaiknya gunakan detergen cair dan gunakan air suam-suam kuku. Kemudian biarkan kering dengan cara diangin-anginkan, jangan dikeringkan dengan mesin. Khusus untuk jeans berbahan stretch, teman-teman boleh memasukkannya ke dalam mesin pengering maksimal selama 40 menit dengan putaran sedang. Dan harap diingat, proses pengeringan ini makin lama akan makin mengurangi kelastisitasan jeans.

* Jika sudah memiliki jeans tertentu yang kita cuci tersebut untuk waktu lama, sebaiknya gunakan metode pengeringan dengan cara diangin-anginkan dulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam mesih pengering sekitar 10-15 menit saja.

* Setelah kering, simpan jeans dalam keadaan digantung, jangan dilipat. Biasakan memakai gantungan dengan penjepit. Cara ini dimaksudkan agar bentuk jeans tetap sesuai aslinya.

* ahit lubang yang muncul (akibat tersangkut atau robek), sesegera mungkin (kecuali teman-teman memang menginginkan efek berlubang). Karena, lubang sekecil apa pun, akan mudah menjadi besar. Setelah diperbaiki, perlu dipertimbangkan untuk mencuci jeans dengan tangan, karena efek mesin akan menambah lubang pada jeans yang telah rusak tersebut.

Semoga bermanfaat ya :)

sumber : kafesantai.com

Komentar