Mei 03, 2009

Tips Agar Bahan Makanan Awet (Tidak Mudah Rusak)



Hari gini tiap hari ke pasar atau swalayan berbelanja bahan makanan sehari-hari kayaknya nggak praktis dech, terutama buat ibu-ibu bekerja, selain menghabiskan banyak waktu (di jalan atau berbelanjanya) juga membuang-buang waktu dan biaya juga kan kalau tiap hari mesti ke pasar.

Padahal kesegaran bahan makanan sangat penting untuk kesehatan. Inilah yang menjadikan sangat penting untuk mengetahui teknik penyimpanan bahan makanan yang benar agar saat diperlukan untuk diolah bahan tersebut masih dalam kondisi segar, (Pasti sangat menyebalkan, saat akan menumis sayur, kita menemukan sayuran kita sudah layu tidak layak olah lagi).

Nah kebetulan di Femina 14-20 Maret 2009 kemarin ini saya menemukan beberapa cara sederhana untuk menyimpan bahan makanan secara benar.

* IKAN, cuci bersih ikan segar sebelum disimpan di kulkas. Jika ingin memasaknya, lumuri dulu dengan garam, diamkan sejenak, baru dimasak. Rasanya akan segar kembali.

* DAGING, bagian daging sapi atau unggas yang paling mudah busuk adalah bagian tenghanya. Triknya, simpan daging sapi atau unggas di dalam lemari pendingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer (lemari pembeku).

* KEJU, agar keju tidak keras begitu ingin digunakan, olesi ujung-ujungnya dengan mentega sebelum disimpan di dalam kulkas. Kalau bungkusnya sudah dibuka, bungkus dengan plastic terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas.

* BROKOLI, KOL, WORTEL, bungkus brokoli dankol dengan plastic wrap lalu simpan di kulkas. Potong bagian pangkal wortel terlebih dulu, baru masukkan ke dalam kantong plastic dan simpan di tray khusus sayuran.

* SELEDRI & BAYAM, cuci seledri dan bayam hingga bersih, bungkus dengan kantong plastic, ikat dan masukkan ke dalam kulkas.

* JAGUNG MANIS, sebelum menyimpannya, angina-anginkan jagung manis di tempat terbuka lalu rendam di dalam air dingin sejak sejam, baru simpan di dalam kulkas.

* PISANG, simpan pisang di tempat terbuka dan sejuk. Hindari menyimpan pisang di kulkas karena akan membuat kulit pisang berubah kecoklatan.

* KENTANG, jangan menyimpan kentang di kkulkas. Simpan kentang dalam plastic tertutup, letakkan di tempat kering dan terlindung dari sinar matahari yang bisa membuat kentang menjadi kehijauan dan bertunas. Dalam suhu ruang, umur kentang bisa mencapai 2 minggu.

Nah semoga tips-tips sederhana tersebut membantu teman-teman dalam mengurus persediaan bahan makanan.

Dengan berbelanja secara terjadwal, kita bukan hanya praktis karena menghemat waktu, tapi juga menghemat ongkos transport ke pasar/swalayan. Lumayan kan?

sumber :kafesantai.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post