Mei 07, 2009

Sayur Asem : Masakan Khas Berkhasiat



Siapa sangka, asam Jawa yang biasa kita pakai sebagai bumbu dapur, dan bahan pembuat jamu, ternyata memiliki khasiat yang lebih hebat dari yang pernah kita bayangkan. Si Asam hitam ini dapat membunuh asma, batuk, demam, rematik, borok,sampai menetralisir “bisa” gigitan ular.
Asam jawa sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak


Sayur Asem Kandungan nutrisi dalam asam jawa yang cukup lengkap, semakin sempurna dengan hadirnya kacang panjang (sebagai anti kanker, kanker payudara, leukemia,antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing,batu ginjal, mencegah kelainan antibodi ,meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar), jagung manis (boleh untuk diabetesi),nangka (bijinya mempunyai kandungan protein setara kacang-kacangan), buah melinjo beserta daunnya yang terdapat dalam sayur asem.

Asam jawa memberi efek segar, oleh karena itu selain menjadi sayur sering pula kita jumpai dalam bentuk minuman (sari asem).

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert.

Buah asam jawa yang masak di pohon di antaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram,hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung
albuminoid serta pati. Jadi, komplit bukan?

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh asam ini adalah:

Asma
Batuk Kering
Demam
Sakit Panas
Reumatik
Sakit perut
Alergi/Biduren (Jawa)
Sariawan

Sumber : (iptek-cn02)

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post