Mei 30, 2009

Pisang Baik Untuk Aktivitas Otak


Siapa yang tidak mengenal tanaman ini? Selain enak dimakan sebagai buah segar, pisang juga dapat diolah menjadi berbagai santapan ringan yang lezat, seperti pisang goreng ataupun kolak.



Tanaman yang mempunyai nama latin Musa Paradisiaca.L ini berasal dari Asia Tenggara, India dan Brazil. Habitat asli tanaman semusim ini adalah hutan tropis, meskipun dapat pula tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi.

Pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan kaya akan mineral, seperti karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, magnesium dan serat.
Karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang merupakan karbohidrat kompleks yang menyediakan energi yang lebih cepat diserap tubuh dibandingkan dengan nasi roti dan biskuit.

Buah pisang juga mengandung gula buah atau fruktosa yang mempunyai indeks gilkemik rendah dan baik bagi aktivitas otak. Berkurangnya glukosa bagi otak akan mempengaruhi daya ingat.

Kandungan Vitamin B6 atau piridoksin pada buah pisang relatif lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya. Vitamin ini berfungsi sebagai ko-enzim dalam reaksi metabolisme protein, khususnya serotonin. Zat tersebut berperan aktif sebagai neurotransmitter dan berfungsi untuk melancarkan fungsi otak.

Selain kandungan nutrisi, buah pisang juga mengandung serat yang tinggi. Serat ini mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga baik di konsumsi bagi Anda yang sedang berdiet.

sumber :coneqtique

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post