Mei 28, 2009

Manfaat sehat Saus Tomat




Saus tomat, terutama yang buatan sendiri, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Para ahli yang hadir pada simposium ilmu pengetahuan tahun 2007, di New York menyebutkan bahwa makanan yang berasal dari olahan tomat dapat mengurangi risiko berbahaya penyakit degeneratif, seperti berikut ini.



- Melindungi paru-paru
Penelitian dilakukan oleh Drs Lenore Arab dan Michael Madden dari University of California mengungkapkan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar likopena di dalam darah. Likopena berfungsi untuk melindungi paru-paru kita dari radikal bebas.

- Mengurangi risiko katarak
Frederik Khachik, PhD, dari University of Maryland mengatakan bahwa zat karotenoid di dalam saus tomat dapat melindungi mata kita dari usia dan radikal bebas. Dua jenis karotenoid yang berfungsi melindungi mata adalah lutein dan zeaksantin.

- Menurunkan kadar kolesterol
Penelitian yang dilakukan oleh dr Sohvi Horkko dari University of Oulu, Finlandia, mengungkapkan, saus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol. Dua puluh satu relawan diminta untuk mengonsumsi 30 mg saus tomat dan 400 ml jus tomat selama 3 minggu. Hasilnya, kadar kolesterol mereka turun hingga 13 persen. Kadar kolesterol rendah, risiko diabetes pun akan ikut berkurang.


Sumber : prevention

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post