Kamu Sulit Tidur? Check This Out!


Daripada kita sibuk memilih obat tidur yang mungkin malah membuat kita ketergantungan, ada cara yang jauh lebih menarik yang bisa membantu kita tidur nyenyak.

Ternyata ada “obat tidur” alamiah yang berasal dari alam, yaitu asam amino triptofan, yang banyak terdapat di protein nabati dan juga protein hewani. Triptofan adalah salah satu unsur penting yang diperlukan tubuh untuk membentuk serotonin, yaitu neurotransmitter yang “bertugas” menciptakan rasa nyaman, tenang, bahagia dan pastinya rasa kantuk.


Trik untuk membuat kita ngantuk adalah dengan mengkombinasikan sumber triptofan dengan karbohidrat. Karena, supaya triptofan bisa bekerja sebagai obat tidur, triptofan yang kita makan butuh kendaraan untuk sampai ke otak kita. Sementara, semua senyawa asam amino berlomba-lomba menuju otak. Jadi kita butuh “pengalih perhatian” yang membuat jalan triptofan mulus menuju otak, dan itu adalah karbohidrat.

Konsumsi karbohidrat akan menyebabkan tubuh melepaskan insulin, dan insulin akan mengikat asam amino lain kecuali triptofan ke otot, sehingga triptofan bisa melenggang tenang menuju otak, mengubah diri menjadi serotonin, dan dengan sukses membuat kita mengantuk.

Konsimsi makanan ringan menjelang tidur, tentunya tidak boleh terlalu berat karena nanti malah akan membuat kita sulit tidur. Hitungan kalorinya tidak boleh lebih dari 200 kalori, dan harus dikonsumsi paling lambat 30 menit menjelang waktu tidur.

Berikut adalah beberapa contoh makanan ringan (snack) yang dapat Anda pilih untuk dinikmati sebelum tidur:

Snack untuk dewasa terdiri dari 6 – 8 oz yoghurt non fat yang diberi 2 sendok makan sereal granola (yang juga nonfat) atau potongan apel yang diberi 1-2 sendok teh selai kacang. Bisa juga popcorn rendah lemak, yang ditaburi dengan 2 sendok makan keju parmesan.

Snack untuk remaja berupa satu cangkir sereal dengan susu skim atau granola bar rendah lemak. Satu scoop es krim rendah lemak, rasa vanilla atau strawberry dapat kamu kunyah.

Snack untuk anak-anak 1/2 cangkir pudding vanilla rendah lemak, 1/2 potong buah pisang dengan 1-2 sendok teh selai kacang, satu cangkir susu skim yang diberi buah-buahan (bisa anggur, kismis atau buah-buahan lain). Selamat mencoba! (MS/yon)

Komentar