April 24, 2009

Tips Memilih Sepatu yang Tepat

Memilih sepatu umumnya merupakan urusan mudah untuk para wanita. Terkadang kita sulit untuk menahan godaan untuk tidak membeli sepatu yang bagus. Tak jarang setelah dipakai, sepatu yang baru dibeli ternyata terasa tak nyaman, atau lebih parah, malah menyakitkan. Berikut tips dari clarks.co.uk untuk memilih sepatu yang nyaman untuk dikenakan, apa pun model dan bentuknya.



1. Cobalah untuk membeli sepatu menjelang sore, karena kaki cenderung membengkak sedikit di sore hari.
2. Saat mencoba sepatu, kenakan kaus kaki atau stoking yang akan Anda kenakan sehari-hari.
3. Bahkan sepatu yang baru harus segera terasa nyaman. Jika merasa bahwa nanti sepatu akan melar, maka itu bukanlah sepatu yang tepat.
4. Lebar yang cukup sangat penting sama pentingnya dengan panjang yang tepat.

Ketika mencari sepatu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah;
Hak sepatu
Hak sepatu menanggung proporsi terbesar dari berat tubuh Anda, sehingga untuk memberikan kenyamanan maksimum, dibutuhkan hak sepatu yang bisa memberikan sokongan bagus. Biasanya ini didapatkan dari hak yang tebal dan lebar. Khususnya untuk para wanita, tinggi sepatu biasanya ditentukan dari gaya, bukan untuk kebutuhan dari kaki. Sebaiknya untuk pemakaian sehari-hari tinggi sepatu tidak lebih dari 4 cm.

Bagian tumit
Bagian dalam sepatu yang menonjol di bagian tumit yang menahan kaki Anda agar tidak terpeleset saat berjalan. Bentuknya harus bisa menyangga bentuk tumit Anda.

Sol sepatu
Bagian bawah sepatu seharusnya rata, sedikit naik di bagian bawah ibu jari kaki, dan berglazur untuk mengantisipasi lantai licin. Sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan lama.

Bagian atas sepatu
Bagian atas sepatu yang melindungi kaki idealnya terbuat dari bahan material yang kuat dan lembut, seperti kulit sapi atau kain.

Bagian jahitan
Bagian jahitan di dalam sepatu seharusnya lembut dan tidak terlihat untuk mencegah gesekan ke kulit yang bisa menyebabkan luka. Perhatikan jahitan di bagian dalam belakang sepatu, di bagian atas tumit yang sering mengalami luka akibat gesekan sepatu. Sentuhlah, apakah ada jahitan yang terasa kasar di bagian tersebut?

Bagian penguat
Untuk membuat kaki terasa pas, biasanya sepatu dilengkapi tali, kancing, atau velcro. Perhatikan bahan pembuat dan jahitannya, apakah longgar atau mudah rusak?

C6-09

sumber :kompas.com

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post