April 25, 2009

Musik Baik Untuk Penderita Stroke

Mendengarkan musik favorit ternyata tidak hanya bisa menghibur, tetapi juga dapat memperbaiki fungsi penglihatan bagi penderita penyakit stroke.

Menurut tim peneliti dari Inggris, lebih dari 60 persen penderita stroke kehilangaan fungsi penglihatannya akibat kerusakan pada jaringan sekitar otak. Kerusakan ini tak hanya menyebabkan seorang penderita stroke kehilangan kemampuan gerak dan kesadaran, tetapi juga fungsi penglihatannya.


Namun, penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Proseedings of the National Academy of Sciences ini, menemukan bahwa dengan mendengarkan musik favorit, fungsi penglihatan penderita stroke dapat membaik.

Hasil ini diungkapkan setelah peneliti melihat kondisi tiga penderita stroke saat diuji dengan mendengarkan musik yang disukai, mendengarkan musik yang tidak disukai dan saat tidak mendengarkan musik. Para peneliti kemudian meminta mereka untuk menekan sebuah tombol jika mereka melihat sebuah cahaya pada setiap tes tersebut.

Hasilnya, ketiga penderita stroke mampu melihat cahaya merah ketika mereka sedang menikmati alunan musik yang disukainya. Kemampuan melihat mereka meningkat hingga 65 persen. Sementara pada saat mereka mendengarkan musik yang tidak disukai atau ketika tidak mendengarkan musik sama sekali, daya tangkap penglihatannya terhadap cahaya hanya sekitar 15 persen.

Dr. David Soto, selaku ketua penelitian dari Imperial College London, menyakini bahwa peningkatan kemampuan penglihatan tersebut disebabkan oleh emosi positif yang dihasilkan pada saat mereka menikmati alunan musik favoritnya.

Hasil scan otak juga menunjukan bahwa musik favorit yang didengarkan mempengaruhi aktivitas otak hingga membuat emosi si pendengar menjadi positif.[cntq/ais]

sumber :rileks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post