April 20, 2009

Klakson Motor Ngadat, Periksa Bagian Ini

Cukup menjengkelkan, klakson motor tidak berfungsi. Mau menyalip ragu-ragu dan enggak bisa memberi isyarat kalau kita berada di samping pengendara lain. Ngadat-nya klakson lantaran tak pernah mendapat perawatan alias di-cuekin.

Apalagi jika di musim hujan—meski sudah mau berakhir—jarang diperhatikan. Itu membuatnya ngambek. "Biasanya masalah klakson di musim hujan bermula dari switch di setang," bilang Andy Mulki, mekanik Cahaya Logam di Bates Kreo, Ciledug. Bagian di situ punya sedikit celah sehingga air mudah masuk. Akibatnya, bagian dalam menjadi berkarat.


Mengatasinya, semprotkan cairan antikarat. Jika sudah diberikan dengan rust protection, tetapi klakson tetap tidak mau berteriak, lakukan langkah kedua.

Step berikut adalah memeriksa soket di jaringan kabel, siapa tahu ada yang putus. Untuk mengetahuinya, dibantu dengan alat test pen guna memantau, apakah ada arus listirk atau tidak.

Terakhir, membersihkan soket yang ada di belakang bodi klakson. Untuk membuatnya kembali seperti semula, bagian ini cukup diampelas dengan ampelas khusus untuk besi dengan jenis paling halus. Kemudian, di belakang klakson terdapat tempat penyetelan dengan obeng dan tang untuk setting suara. Terus diputar sampai mendapat suara yang ideal. * (Nurfil)

sumber :kompas.com

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post