Maret 01, 2009

Tips Mudah Menyusun Anggaran


Merasa kerepotan menyusun anggaran pengeluaran rumah tangga? Coba simak tips berikut. Dijamin mudah untuk diikuti.

Langkah 1
Lupakan teknologi modern seperti komputer dan lainnya, Anda bisa tetap melakukannya dengan cara kuno. Caranya, ambil secarik kertas, pulpen, dan kalkulator.

Langkah 2
Di halaman pertama, tuliskan semua pengeluaran yang harus Anda lakukan setiap bulannya. Misalnya, uang sewa rumah, tagihan listrik, tagihan telepon, koran, PAM, uang keamanan, uang sekolah, uang belanja dapur, dan sebagainya.

Langkah 3
Di halaman kedua, tuliskan semua pengeluaran yang Anda lakukan setiap minggu. Misalnya, pembelian gas, belanja menu makan siang, bensin, dan lain sebagainya.

Langkah 4
Kini, ambil pengeluaran bulanan Anda dan bagi empat (rata-rata untuk empat minggu setiap bulannya). Tuliskan setiap jumlah yang sudah dibagi di halaman pengeluaran mingguan Anda.

Langkah 5
Tambahkan jumlah total yang Anda perlukan setiap minggu, lalu kurangi dari gaji mingguan Anda.

Jika jumlah pengeluaran mingguan kurang dari anggaran mingguan, Anda tak perlu khawatir. Mulailah pikirkan penghematan untuk keadaan darurat dan siapkan uang ekstra sebanyak apapun, setiap minggu.

Ingat, bila jumlah yang Anda perlukan setiap minggu lebih dari anggaran mingguan, rtinya Anda mulai perlu menganalisa pengeluaran mingguan dan mencari jalan untuk menguranginya agar tidak melebihi alokasi dana yang Anda susun.

Kanti
sumber :tabloid NOVA

1 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post