Tips Memberi Kado


Berikut ini ada 10 pertanyaan yang perlu Anda ajukan pada diri sendiri sebelum memberi kado:

* Apa alasan saya memberi kado?
* Tuluskah saya memberinya?
* Apakah kado yang akan saya beri merefleksikan selera saya atau orang yang akan menerimanya?
* Apakah kado saya terlalu mewah?

* Apakah pemberian kado ini akan mengejutkan?
* Apakah tepat memberi kado permen atau coklat bagi orang yang sedang diet?
* Pantaskah kado diberikan secara pribadi?
* Apakah kado harus selalu dibungkus dengan rapi dan cantik?
* Apakah saya merasa nyaman memberikannya?

Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan adalah mengapa memberi kado. Biasanya kita memberi kado untuk menyatakan terima kasih atas kerja sama bisnis, kepada seseorang yang pernah mentraktir kita makan siang atau malam, kepada kekasih yang mengajak kita makan malam di rumahnya, atau kepada orang yang memberi informasi penting dalam berbisnis.


Kini semakin banyak cara mencari, memilih, dan mengirimkan kado di berbagai kesempatan. Selain itu, perhatikan juga sejumlah hal di bawah ini sebelum Anda benar-benar memberikannya!

* Jika ingin membelikan kado mainan perang-perangan kepada anak kecil, tanyakan terlebih dulu kepada orangtuanya. Ada orangtua yang tak senang kado mainan seperti itu.

* Jangan pernah memberikan anak-anak kado berupa binatang peliharaan, kecuali Anda sudah mendapat ijin terlebih dahulu dari orangtuanya.

* Kado berupa sepaket barang yang dibutuhkan si penerima akan meninggalkan kesan lebih mendalam. Misalnya, sepaket rangakaian perawatan tubuh atau kosmetik dengan merek favorit si penerima.

* Nilai kado akan bertambah tinggi jika diterima pada saat yang tepat dan dikemas cantik.

* Kado sebaiknya disertai kartu ucapan selamat lalu tambahkan tulisan tangan Anda, walaupun pada kartu ucapan sudah tercetak kata-kata mutiara.

* Kado berupa uang akan lebih bermanfaat diberikan dalam bentuk cheque. Uang tunai lebih tepat untuk anak-anak. Jika memberikan uang tunai, adakalanya baik juga mencantumkan jumlah untuk menghindari hilangnya uang atau salah menempatkannya, dan cara ini bisa membantu si penerima pada saat ia akan mengucapkan terima kasih kepada Anda. Di kartu ucapan, Anda pun dapat menuliskan, "Mudah-mudahan uang sejumlah Rp 100 ribu ini dapat bermanfaat."

* Biasanya, uang sebagai kado diberikan dari orang yang lebih tua kepada yang lebih muda. Akan lebih baik bila Anda mengetahui apakah uang yang diberikan akan dibelikan sesuatu yang istimewa, dengan menyertakan kata-kata di kartu ucapan Anda yang mendekatkannya pada tujuannya. Selamat mencoba!

Kanti
sumber : Dok. NOVA

Komentar