Februari 05, 2009

10 Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan


INGIN anak Anda cemerlang di sekolah? Gamau kan anak kita di-jewer cuma gara2 ‘kurang

pandai’.. Cobalah untuk memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka

setiap hari. Selain itu, ada baiknya pula memasukan 10 jenis makanan terbaik berikut

ini. Makanan yang dijuluki “Brain Food” ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan

sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir

anak-anak :



1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and

EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset

terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak

memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah

sekaya salmon.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup

terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang

dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang
“Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E.

Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf.

Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa

untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum

murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung

dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga

mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya

akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk

otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan

kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi.

Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat

tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya,

semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar

tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry

mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga

ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari

protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat,

vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat

mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari

jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal

lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang

penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan

sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua

jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.

Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan

karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih

banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah

vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia

secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi

dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber

makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari,

maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging

sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat .

Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai

sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe

zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh . Mengonsumsi tomat ,

jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi

kebutuhan zat besi.

Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita

tetap terjaga dan istirahat yang cukup .

sumber :blaze5.com

2 komentar:

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post