Januari 17, 2009

Tips Utama Mendinginkan Temperatur Komputer Anda



Bagi Anda yang sering menggunakan komputer tak perlu risau bila kondisinya panas. Nah, berikut beberapa tips utama yang dapat membantu mendinginkan temperatur komputer Anda.

Memang, sebetulnya tips ini ditujukan untuk negara yang memiliki 4 musim, namun untuk negara seperti Indonesia yang tropis bagaimana?, mari kita coba mudah-mudahan dapat membantu melestarikan lingkungan.





1. Matikan Komputer Anda Bila Tak Dibutuhkan
Langkah pertama yang paling efektif adalah matikan komputer Anda segera ketika tidak dibutuhkan. Ada banyak orang tetap membiarkan komputernya menyala 24 jam penuh walaupun sedang tidak digunakan. Memang C&Q atau SpeedStep bisa mengurangi penggunaan tenaga, tetapi tetap saja tenaga yang digunakan meningkat seiring waktu.

2. Atur clockspeed & voltase secara manual melalui hardware
Terapkan hal ini hanya jika sudah merasa nyaman mengkonfigurasi BIOS dan tahu cara untuk me-reset ulang melalui jumper pada motherboard. Bila Anda berencana untuk serius mengutak-atik sistem untuk konsumsi tenaga minimum, Anda mungkin harus beberapa kali melakukan reset sebelum mendapatkan konfigurasi optimal. Sangat sulit untuk memberikan petunjuk apapun tentang pengaturan yang harus dilakukan. Setiap motherboard memiliki pengaturan yang berbeda dan mungkin saja opsi yang sama tetapi hasil yang berbeda.

Namun, jika Anda sangat serius mengenai hal penghematan energi ini, Anda akan membutuhkan waktu untuk melakukan penelitian tentang rentang voltase, pengaturan individual mana yang tepat untuk mempertahankan kestabilan sambil mengurangi konsumsi tenaga.

3. Atur clockspeed & voltase secara manual melalui software
Apabila sistem Anda tidak mendukung SpeedStep atau C&Q, atau Anda ingin menyetel pengaturan lebih lanjut, gunakanlah software atau program lain. AMD menawarkan OverDrive, NVIDIA memiliki nTune, dan Crystal CPUID yang sangat bermanfaat untuk mengatur CPU multipliers (setidaknya pada K8 / bagian Intel, namun belum untuk K10), dan banyak juga para pembuat motherboard yang memiliki program mereka sendiri-sendiri, walaupun kualitas software bisa bervariasi.

Semua konfigurasi yang Anda atur tidak akan bersifat permanen sampai Anda mengunci pengaturan untuk digunakan pada setiap boot. Jika Anda sampai tidak sengaja memilih opsi yang mengacaukan sistem Anda, lakukan hard reset.

4. Yakinkan jika Intel SpeedStep atau AMD Cool'N'Quiet Berfungsi
Baik Intel maupun AMD memiliki mikroprosesor yang memungkinkan chip untuk secara signifikan mengurangi kecepatan, konsumsi tenaga, dan panas. Pada awalnya, fitur-fitur ini didesain untuk prosesor mobile, tetapi sudah diintegrasikan ke dalam desktop dan prosesor workstation juga.

Masalahnya adalah mengaktifkan SpeedStep atau C&Q tidak semudah itu. Semua CPU, motherboard dan OS mendukung SpeedStep, tetapi sering kali tidak diaktifkan. Kebanyakan pembuat motherboard memberikan konfigurasi BIOS awal yang paling aman dan hal ini mungkin membuat fitur penghematan energi di-non-aktifkan.

5. Jangan Gunakan CRT
Ya, kita tahu memang monitor CRT memiliki warna dan waktu respon yang lebih baik. Namun, dalam hal penghematan CRT adalah sebuah ide yang sangat buruk. Sebagai contoh, monitor Sony G400 19" menggunakan daya 140W saat beroperasi dan 15W dalam keadaan idle sedangkan monitor LCD Acer AL2216 22" bukan hanya lebih besar, tetapi juga hanya menggunakan 40% dari tenaga yang diperlukan Sony, yaitu 55W ketika beroperasi dan 2W saat idle. Selamat mencoba...(arstechnica/Bm)

sumber berita8.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maen Game Dapet Uang beneran

Play Strategy Game on MarketGlory

Related Post