Agar Tarikan kopling CS1 Enteng



Walau tergolong motor baru, Honda City Sport 1 alias CS-1 bukannya nggak ada kekurangan. Seperti dirasakan Lusep Sugiharto, mekanik Kahanan Motor di Jl. Jagakarsa, No. 17, Kebagusan, Jakarta Selatan. Katanya kalau abis oper gigi, seperti ada yang nyangkut.




“Penyebabnya pegas pembalik persneling (shift fork) kurang keras,” jelas pria asal Cirebon, Jawa Barat ini. Bukan Lusep kalau nggak penasaran. Doi langsung bongkar CS-1 yang masih tergolong kinyis-kinyis buat mencari tahu posisi pegas pembalik.


Sebelumnya mekanik ramah ini membuang oli, karena pegas di dalam bak kopling. Air radiator pun harus dibuang. Langsung buka rumah kopling dan ketemu pegas pembalik (gbr. 1). “Sementara ini substitusinya belum ketemu, jadi masih diakali dulu,” lanjutnya.

kopling2


Caranya, dengan melebarkan dudukan pegas menggunakan tambahan sekitar sekitar 5 mm (gbr. 2). Untuk menempelkannya, cukup dengan las listrik.



Setelah itu, baut 14 yang nempel di crankcase perlu dilepas, karena terlalu kecil. Kalau nggak diganti jadi percuma mengganjal pegasnya. Ganti dengan baut dudukan teromol rem belakang yang batangnya lebih gede dan gak mentok (gbr. 3).

Beres dan pastinya jadi lebih enteng!

Penulis/Foto : Tining/Yudi

dari motor plus


Komentar