Tips Liburan Tanpa Terganggu Pekerjaan



Di musim berlibur begini, tak jarang Anda ingin menemani si kecil mengisi waktu dengan melakukan perjalanan ke luar kota. Nah, agar cuti Anda tak terganggu pekerjaan, simak kiat berikut!

1. JADWAL TEPAT
Penelitian memperlihatkan, para eksekutif mempertimbangkan waktu liburannya ketika masa liburan sekolah anak tiba. Hal ini bukan saja karena bulan-bulan tadi merupakan waktu yang baik untuk berlibur, tetapi sebagian besar bisnis cenderung lebih lesu dibandingkan bulan-bulan lainnya.

2. SUSUN RENCANA
Ketika Anda tengah menyusun rencana liburan, jangan lupa untuk melihat apakah kegiatan yang dilakukan departemen Anda jatuh di tanggal yang sama atau tidak. Jika acaranya memang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya, mungkin sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menunda liburan.

3. REKAN KERJA
Carilah rekan sekerja yang bisa dan mau menggantikan Anda. Mintalah pada rekan sekerja yang bisa dipercaya untuk membantu menyelesaikan tugas Anda selagi berlibur. Atasan Anda mungkin bisa membantu dalam menentukan hal ini. Selain itu, berikan kepada pelanggan dan rekan sekerja Anda, nama dan nomor telepon pengganti selama Anda liburan. Cantumkan dan sebutkan juga pada out of office email dan mailbox telepon Anda agar orang yang menghubungi menjadi tahu, kepada siapa mereka harus berhubungan selama Anda tak ada di kantor.

4. ATUR RAPAT
Pertimbangkan untuk mengatur rapat dengan orang pengganti Anda untuk mengingatkan mereka mengenai tugas-tugas yang penting dan jadwal deadline. Jelaskan proses dan prosedur yang relevan, dan pastikan pengganti Anda tahu di mana Anda menyimpan dokumen-dokumen yang diperlukan.

5. INFORMASI
Beritahukan kepada rekan sekerja dan pelanggan Anda, dalam beberapa hari lagi Anda akan pergi berlibur. Informasi ini akan memberikan waktu yang cukup bagi mereka untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan selama Anda tak ada di kantor.

6. ATUR AGENDA
Bila Anda terlibat dalam suatu rapat rutin, pastikan untuk menolaknya bila hari rapat jatuh pada tanggal ketika Anda akan berlibur. Bila Anda yang mengadakan rapat, mintalah rekan sekerja untuk memimpin rapat, atau membatalkannya dan menggantinya di lain waktu.

7. EFEK TEKNOLOGI
Salah satu hal yang membuat orang stres ketika kembali bekerja seusai liburan adalah setumpuk email atau surat. Agar terhindar dari tugas "tambahan" menghapus ratusan email, manfaatkan rules atau fasilitas yang ada, yang memungkinkan Anda menyortir email yang masuk. Sebagian besar program email memiliki fasilitas fungsi ini, misalnya Anda memberi tanda pada email dari IT, mengenai informasi terbaru untuk langsung masuk ke folder deleted items karena isinya pasti sudah tak relevan lagi ketika Anda kembali ke kantor. Atau, mungkin Anda ingin mengatur rules untuk mengarahkan email dari orang-orang tertentu kepada pengganti Anda sehingga tak ada yang terlewatkan ketika Anda tak ada.

8. TINJAUAN TEKNIS
Sebelum Anda pergi, pastikan inbox email Anda tidak penuh sehingga tak melampui batas penyimpanan selama Anda tak ada di kantor. Karena, bila inbox Anda penuh, itu bisa menghambat pengiriman email penting lainnya sekembalinya Anda dari liburan. Pastikan juga, password yang Anda gunakan tak melewati masa berlaku. Jika Anda berencana untuk tetap bekerja di saat liburan, pastikan di lokasi tempat Anda berlibur masih bisa menggunakan laptop dan mengakses informasi yang dibutuhkan.

9. BATASI TELEPON
Bila memungkinkan, sebaiknya tinggalkan saja laptop dan segala macam dokumen kerja Anda di rumah. Batasi keterlibatan Anda dengan kantor hanya pada hal-hal yang sangat penting saja. Yang terakhir, yang tak kalah pentingnya, Anda harus betul-betul rileks sebelum kembali masuk kerja. Dengan menyadari segala sesuatunya bisa terkendali dengan baik, Anda sungguh-sungguh akan dapat menikmati liburan Anda dan keluarga, tanpa terganggu urusan kantor yang membuat stres.

Aline
dari www.kompas.com

Komentar

Posting Komentar