Menyiasati Liburan Saat BBM Melambung


Keputusan pemeritah menaikan harga BBM mau tidak mau membuat calon wisatawan berpikir ulang untuk berlibur. Pasalnya, kenaikan tersebut mempengaruhi tarif akomodasi, transportasi, dan lainnya. Kalau sudah begini bisa jadi cost yang dikeluarkan untuk berlibur pun ikut melambung. Tapi Anda tak perlu risau, bila berlibur memang panggilan jiwa Anda, mungkin beberapa hal berikut bisa menyiasati liburan agar budget tidak membengkak.



1. Kalau Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hanya untuk berlibur di dalam kota. Untuk ke luar kota sebaiknya menggunakan kendaraan umum.

2. Ketahui lokasi tempat berlibur agar tidak boros bahan bakar kendaraan pribadi Anda.

3. Bila memutuskan menyewa kendaraan, pilih yang paling irit penggunaan bahan bakarnya.

4. Wisata alam bisa jadi pilihan berlibur hemat, selain tiket masuknya murah bahkan ada yang gratis.

5. Begitu juga berwisata sejarah seperti ke museum dan bangunan tua yang tiketnya relatih murah.

6. Kalau pergi ke luar kota atau daerah, pilihlan akomodasi kelas melati atau homestay yang jauh lebih murah dibanding hotel berbintang.

7. Untuk urusan perut, pilih saja rumah makan sederhana atau berwisata kuliner tradisional daripada restoran mewah.

8. Bila memiliki dana lebih, Anda bisa membeli paket wisata biro perjalanan. Kalau pas-pasan, lakukanlah wisata secara mandiri. Artinya mengurus sendiri semua keperluan dan acara di obyek wisata tersebut.

9. Kiat lainnya, lakukan liburan secara bersama atau berkelompok untuk menekan biaya transportasi. Misalnya kalau Anda harus menyeberangi pulau dengan speedboat, lebih murah ongkosnya bila ditanggung bersama.

10. Pilih obyek wisata yang sesuai dengan budget agar Anda tetap berwisata dengan keluarga dan sahabat. Kalau hanya mampu di dalam kota, lakukanlah pada waktu yang berbeda atau tidak biasanya agar tidak membosankan. Misalnya mengunjungi kawasan kota tua Jakarta pada malam hari dan sebagainya.

Sumber: Majalah Travel Club




Komentar

Posting Komentar