BAGAIMANA KITA MEMASAK SAYURAN YANG BENAR ??

Bangsa Cina sering terkejut melihat bangsa barat makan makanan dan sayuran mentah, Mereka akan menganjurkan agar sayuran sayuran sedikit di masak sebelum di makan. Ada dua alasan utama untuk hal ini.

Untuk mengetahui apa saja alasannya, mari kita telusuri lebih jauh ( kata-katanya kayak acara telusur di TV aja nich :D:D:D:D )


Alasan pertama adalah sayuran mentah lebih sulit di cerna daripada sayuran matang. Pemasakan akan mulai memecah makanan dan membantu proses pencernaan oleh lambung. Akibat lainnya adalah lebih banyak makanan yang akan diserap. Contohnya, hanya 50 persen wortel mentah yang akan diserap dibandingkan 65 persen bila wortel dimasak

Kedua, dan yang terpenting, praktisi pengobatan Cina mengerti bahwa proses pencernaan memerlukan panas. Lambung bisa dibandingkan dengan sebuah panci besar penuh dengan sup yang mendidih pada 100 derajat Celcius. Masuknya sejumlah besar makanan dingin ke dalam sup ini akan mendinginkan cukup banyak sehingga dibutuhkan lebih banyak energi untuk memecahnya. Makan sayuran mentah dan makanan dingin dalam jangka lama bisa membuat kita merasa lemah karena begitu banyak energi yang dibutuhkan untuk mencernanya. Derek, yang memiliki masalah pencernaan, beralih ke makanan yang lebih hangat:

Praktisi saya menganjurkan untuk makan makanan yang lebih hangat. Ketika ia mengatakannya, saya menyadari bahwa sebenarnya saya lebih suka makanan hangat dan jika saya makan salad dan makanan dingin lain sepanjang hari, saya merasa tidak enak dan masalah perut saya semakin parah. Ia menjelaskan bahwa jika saya makan makanan dingin saya juga harus makan sesuatu yang panas untuk menyeimbangkan. Saya merasa lebih baik setelah melakukan perubahan ini dan tidak terlalu letih lagi.

Nenek moyang kita menyadari pentingnya makan makanan yang hangat. Sebuah pepatah lama yang sering dikutip berbunyi, "Paling sedikit makanlah satu kali makanan panas setiap hari". Banyak dari kita yang sekarang ini telah melupakan nasihat yang bijak ini dan makan makanan dingin sepanjang hari, bahkan di tengah-tengah musim hujan. Tindakan menambah paling sedikit satu sup panas ke dalam diet dan memasak sayuran yang akan kita makan sudah dapat memberi perbedaan yang berarti.

Dari, Lima Rahasia Hidup Sehat sebuah seni pengobatan Cina. Angela Hicks.


Komentar