Kiat Hindari Sakit Punggung Ibu Hamil




Bagi para wanita hamil, rasa sakit di bagian punggung hingga pinggul seringkali mengganggu. Terutama setelah memasuki trisemester akhir, gangguan itu semakin sering muncul.



Menggunakan sepatu hak datar rupanya tidak membantu menghilangkan rasa sakit itu. Alas kaki dengan hak rendah yang nyaman nyatanya dapat lebih mendukung perubahan tubuh selama kehamilan.

American College of Obstetricians and Gynecologists menawarkan beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi rasa sakit yang timbul tersebut :

* Hindari sepatu dengan hak tinggi atau justru yang sangat datar. Sepatu dengan hak sepatu rendah yang dapat mendukung pangkal telapak kaki merupakan pilihan terbaik.
* Jika Anda harus berdiri dalam waktu yang lama, coba untuk mengangkat satu kaki pada sebuah pijakan atau tangga secara bergantian.
* Tidur pada kasur yang kokoh dan agar keras atau tempatkan papan diantara kasur dan tempat tidur.
* Membungkuk pada lutut, dibandingkan menggunakan pinggang.
* Tempatkan sebuah bantal kecil di punggung bagian bawah Anda ketika duduk di kursi atau gunakan kursi yang memiliki bagian peyangga punggung yang nyaman.
* Tidur menyamping dan gunakan bantal diantara kaki Anda.
* Pijat dengan lembut bagian punggung bawah Anda, atau gunakan penghangat atau pendingin untuk mengurangi rasa tak nyaman

sumber :republika.com

Komentar

Posting Komentar